Public Service

Petugas Parkir Paksa Minta Uang

HALO Pemko Batam, apakah ada peraturan daerah mengenai tarif parkir di Batam?

Petugas Parkir Paksa Minta Uang
TRIBUN/GANJAR W
Petugas Parkir Paksa Minta Uang
HALO Pemko Batam, apakah ada peraturan daerah mengenai tarif parkir di Batam? Saya memiliki beberapa pengalaman di lapangan yang tidak menyenangkan, saya pernah parkir motor untuk membeli bakso di daerah Sei

Panas, sewaktu saya mau pulang petugas parkir meminta paksa uang parkir kepada saya dan caranya kurang sopan. Mohon penjelasannya Pak, terimakasih.
Pengirim: +62813287xxxx

Aturan Parkir Diatur Perda

TERIMAKASIH atas pertanyaan yang diajukan. Perlu kita pahami bersama bahwa aturan pakir sudah diatur ke dalam Peraturan Daerah (Perda). Parkir ini terbagi dalam dua kategori, yakni parkir di tepi jalan umum dan parkir kawasan tertentu.

Untuk parkir di tepi jalan umum seperti di kedai, toko, warung, dan sejenisnya diperuntukkan lokasi-lokasi yang telah ditentukan. Kemudian pengelolanya parkir ini akan dilelang setiap tahunnya, sedangkan Pemko hanya memungut  retribusi parkir tersebut.

Sedangkan untuk parkir pada kawasan tertentu diperuntukkan bagi kawasan khusus seperti mal, pelabuhan, bandara, dan sebagainya, dikelola manajemen swasta dan Pemko hanya memungut pajak parkir.

Terkait petugas yang tidak sopan, kembali kepada setiap pribadi masing-masing petugas. Namun kami mengimbau juga kepada petugas parkir untuk berlaku arif dan bijaksana dan mengedepankan pelayanan yang baik. Dan juga kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketentraman untuk kepentingan bersama. Semoga informasi ini bermanfaat.

Drs H Yusfa Hendri MSi
Kabag Humas
Setdako Batam

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved