Public Service

Bolehkah Bangun Dua Masjid Berdekatan?

HALO Kanwil Kemenag Kepri, apakah boleh jika ada dua masjid yang berdekatan? Antara masjid satu dengan masjid...

HALO Kanwil Kemenag Kepri, apakah boleh jika ada dua masjid yang berdekatan? Antara masjid satu dengan masjid yang akan dibangun berjarak sekitar 50 meter. Mohon penjelasannya?
Pengirim:
+628127090xxxx


Minimal Didukung 60 Masyarakat Sekitar

TERIMAKASIH atas pertanyaan yang diajukan. Berdasarkan peraturan bersama Menteri agama dan Menteri dalam negeri, untuk membangun sebuah masjid harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. 

Membangun rumah ibadah ada persyaratan administratif dan teknis pembangunan yang harus dipenuhi. Antara lain surat izin dan kelayakan bangunan. Selain itu, dalam proses pembangunan  rumah ibadah harus disetujui masyarakat pengguna, sedikitnya 90 orang dan disahkan pejabat setempat.

Kemudian pembangunan itu harus mendapatkan dukungan sedikitnya 60 orang dari masyarakat sekitar yang disahkan lurah dan kepala desa dan rekomendasi tertulis dari kepala Kementrian Agama (Kemenag) kabupaten atau kota. 
Pendirian harus mempertimbangkan jumlah penduduk di kelurahan atau desa tersebut. Jika tidak terpenuhi maka digunakan batas kecamatan atau kabupaten atau kota atau provinsi. 

Melihat fungsi dari masjid seperti untuk syiar, menyatukan umat muslim, dan sebagai tempat peribadahan serta berdakwah dalam masalah keagamaan. Maka sebaiknya, pembangunan masjid harus sesuai dengan kebutuhan umat muslim yang ada. 

Menyikapi masalah ini, kami mengimbau diadakan musyawarah bersama untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di lapangan dan menghindari gesekan-gesekan  yang bisa timbul di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat 
Drs H Razali Jaya 
Kepala Kanwil Kementrian Agama 
Provinsi Kepulauan Riau
Editor: Madi Dwi Nando
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help