Public Service

Pelunasan Calon Haji tak Boleh Telat

Assalamu'alaikum Bapak/Ibu Kanwil Kemenag. Saya minta penjelasan apalah tidak ada toleransi bagi jamaah calon haji

Pelunasan Calon Haji tak Boleh Telat
TRIBUN/GANJAR

TRIBUNNEWS- Assalamu'alaikum Bapak/Ibu Kanwil Kemenag. Saya minta penjelasan apalah tidak ada toleransi bagi jamaah calon haji yang telat membayar pelunasan BPIH?

Pengirim: +628137242xxxx

Calon Haji Lain yang Akan Berangkat

Wa'alaikumus-salam. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Sesuai data terdapat 52 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Kepulauan Riau dipastikan menunda keberangkatannya ke tanah suci tahun ini.

Alasannya adalah sampai berakhirnya masa pelunasan  tahap pertama 30 Agustus 2010 kemarin, para JCH tidak melakukan setoran lunas BPIH.
Maka dari itu, pelunasan BPIH Tahap II yang digelar mulai tanggal 31 Agustus sampai 6 September 2010 menjadi hak jamaah calon haji yang menempati nomor urut porsi berikutnya.

Artinya mereka menunda keberangkatannya dan diperkirakan tahun depan baru berangkat. Alasannya kuota haji belum terpenuhi, maka dibuka kesempatan pelunasan BPIH tahap kedua yang diperuntukkan bagi JCH yang berada pada nomor urut porsi berikutnya.

Sejalan dengan adanya pemberian tambahan kuota sebanyak 10 ribu orang dari Pemerintah Arab Saudi untuk jamaah haji Indonesia beberapa waktu lalu, Provinsi Kepri mendapat jatah sebanyak 73 orang. Sehingga total kuota haji tahun ini bertambah menjadi 1.065 orang.

Jumlah JCH yang berhak melunasi pada tahap II sebanyak 125 orang, dengan rincian Batam 71 orang, Tanjungpinang 29 orang, Karimun 16 orang, Natuna 8 orang, dan Bintan 1 orang. Nomor porsi tertinggi yang berhak melunasi pada tahap II ini adalah 3700003861.

Sedangkan terkait jumlah porsi nasional yang biasanya di distribusikan kepada setiap provinsi setelah pelunasan tahap II merupakan kebijakan pusat. Begitu juga dengan persiapan dokumen (paspor) jamaah, sebanyak 826 paspor milik JCH sudah diserahkan kepada Kementerian Agama Pusat di Jakarta untuk diuruskan visanya. Semoga jawaban ini bermanfaat.

Drs H Razali Jaya
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved