Public Service

Wah..BPN Punya Program Larasita

Halo BPN, apa kabar? Saya ingin minta penjelasan tentang program sertifikasi tanah untuk rakyat atau Larasita,

Wah..BPN Punya Program Larasita
TRIBUN/GANJAR
Penjelasan tentang Program Larasita BPN

Halo BPN, apa kabar? Saya ingin minta penjelasan tentang program sertifikasi tanah untuk rakyat atau Larasita, kemudian kapan saja program tersebut dilakukan? Terima kasih Pak.
Pengirim: +62813645xxxx

Kantor Bergerak yang Melayani Masyarakat

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat dalam mensertifikasi tanahnya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) meluncurkan program layanan rakyat sertifikasi tanah atau disingkat Larasita. Diluncurkannya program ini dengan alasan sampai saat ini lahan yang terdaftar masih sedikit.

 Untuk jadwal Larasita setiap dua kali dalam seminggu. Dalam satu tim itu ada tujuh orang petugas yang terdiri dari dua tenaga administrasi, dua koordinator lapangan, dua tenaga pengukur dan satu tenaga yuridis. Tim ini akan mengadakan penyuluhan ke masyarakat di kelurahan masing-masing. Sampai saat ini Larasita yang sudah dibentuk berdasarkan Keputusan Kepala BPN RI No 18 Tahun 2009.

Sudah ada 15 kelurahan dan tujuh kecamatan, atau dengan kata lain sudah 43 persen tercapai untuk tahun 2010 ini. Sedangkan tahun 2008 lalu masih 39 persen, dan dalam program nasional (prona) sudah 5000 bidang yang terdaftar dari lima kelurahan. Untuk lebih sederhananya, Larasita merupakan kantor bergerak yang melayani masyarakat dengan datang ke tempat untuk pensertifikatan tanah. Semoga jawaban ini bermanfaat.

Drs H Isman Hadi MM
Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam

Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved