• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribun Batam

Paket Vaksin Serviks hanya Rp2 Juta di RS Awal Bross

Rabu, 1 Desember 2010 17:47 WIB
Laporan Anne Maria wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM
- Tahukah anda para kaum wanita, jika kanker serviks merupakan kanker nomor kedua penyebab kematian tertinggi di dunia, namun anda bisa mencegahnya. Kanker yang disebabkan oleh HPV (Human Paviloma Virus) ini biasanya timbul melalui aktivitas seks yang salah, seperti berganti-ganti pasangan atau penganut seks bebas. Pencegahan kanker serviks sendiri sebenarnya sudah bisa dicegah dari usia dini.

Menurut dr.L. Inggrid Sitawidjaja selaku Asisten Manager Business dan Development Rumah Sakit Awal Bros (RSAB), pencegahan bisa dilakukan baik dengan pap smear maupun vaksinasi. Untuk itu, kini RSAB telah mengeluarkan paket vaksin serviks senilai Rp.2.420.000. Dengan harga segitu, disebut oleh wanita berambut hitam ini, pasien telah mendapatkan vaksinasi sebanyak tiga kali selama periode waktu yang sudah ditentukan, jasa dokter, berikut administrasi.

"Kita harus peduli ya, karna kanker ini juga menurut riset menjadi kanker pembunuh nomor dua sedunia, untuk itu kita bisa mulai mencegahnya dari sekarang. Baik melalui jauhi free seks, hingga pencegahan secara medis dengan pemberian vaksinasi berikut pap smear yang dilakukan secara berkala.

Untuk pemberian vaksin saat ini kita sediakan paket, jika biasanya di luar paket sekali vaksinasi saja bisa mencapai satu jutaan, tapi dengan paket ini biayanya hanya Rp.2.420.000, tiga kali vaksin ditambah jasa dokter dan biaya administrasi," jelasnya.

Adapun tiga kali vaksinasi tersebut diberikan secara bertahap, dengan term waktu 0-2-4, seperti dicontohkannya jika vaksin pertama diberikan pada bulan Desember, maka yang kedua jatuh pada bulan Januari. Sedangkan yang ketiga jatuh setelah empat bulan dari vaksinasi periode kedua, yaitu di bulan Mei.

Adapun vaksin yang baru ditemukan kurang lebih selama lima tahun terakhir ini memiliki empat kandungan virus yang telah dilemahkan, yakni tipe 16 dan 18 yang menjadi penyebab kanker serviks. Lalu tipe 6 dan 11 yang menyebabkan kutil di kelamin.

Vaksinasi sendiri sudah bisa diberikan ke setiap wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual dari umur 9 hingga 55 tahun. Kemudian bagi wanita-wanita yang ada pada umur tersebut, tetapi sudah berhubungan seksual, sebelum vaksinasi harus lebih dulu melakukan pap smear atau minimal melakukan pemeriksaan ginekologi. Untuk RSAB, tak lupa Inggrid memaparkan jika nantinya pasien akan ditangani langsung oleh dokter-dokter ahli kandungan.

"Yang menangani pasien langsung ada tiga orang dokter kandungan yang kita sediakan di sini, jadi benar-benar sudah pakarnya jugalah. Paket vaksin ini akan kita coba selama satu bulan dulu, sekaligus ikut serta memperingati hari ibu yang jatuh di tanggal 22 Desember mendatang. Karna bisa dikatakan perkembangan kanker serviks ini untuk Batam pun cukup tinggi, selain kota industri Batam juga dikenal sebagai kota wisata, permasalahan dunia hiburan sudah tidak bisa kita pungkiri lagi jika keberadaannya cukup menjamur. Untuk itu penting bagi kita untuk terus melakukan pencegahannya," tutup Inggrid.
Editor: Dedy Suwadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
3459 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas