A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Giliran Tiga Saksi di PPK Bengkong Tolak Tanda Tangan - Tribun Batam
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribun Batam

Giliran Tiga Saksi di PPK Bengkong Tolak Tanda Tangan

Kamis, 6 Januari 2011 19:28 WIB
Giliran Tiga Saksi di PPK Bengkong Tolak Tanda Tangan
Tribunnews Batam / Sihat Manalu
Suasana penghitungan suara Pilwako Batam.
Laporan El Tjandring, Wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM- Saksi dari tiga pasangan calon masing-masing Ria-Zainal, Nada-Nur dan Hakim-Bahrum diinstruksikan untuk tidak menandatangani berita acara hasil pleno rekapitulasi suara di PPK. Penolakan ini disebabkan adanya dugaan terjadinya penggelembungan suara bagi pasangan calon tertentu pada pemilukada kota Batam 5 Januari lalu.

Seperti yang terjadi di PPK Bengkong, berita acara hasil pleno rekapitulasi suara hanya ditandatangani oleh saksi dari pasangan nomor urut satu. Pasangan nomor urut dua, tiga dan lima menolak menandatangan, sedangkan pasangan nomor urut empat tidak hadir pada pleno rekapitulasi suara tersebut.

Ketua PKK Bengkong, Baru Harahap tidak mempermasalahkan penolakan menandatangani berita acara dari tiga pasangan calon tersebut. "Sesuai aturan tidak masalah jika saksi tidak mau menandatangani berita acara itu. Yang penting mereka hadir, menyaksikan dan tidak keberatan atas hasil pleno," kata Harahap.

Hasil Pleno Rekapitulasi di Kecamatan ini menempatkan Dahlan-Rudi sebagai pasangan yang memperoleh suara terbanyak. Perolehan masing-masing pasangan antara lain; Dahlan-Rudi 9.730 suara, Ria-Zainal 7.333 suara, Nada-Nur 4.359, Aripin-Irwansyah 1.739 dan Hakim-Bahrum 7.121 suara.

Pleno yang seharusnya berlangsung cepat ini, sedikit terlambat karena tidak ada kecocokan antara data angka-angka yang dimiliki antara PPK dan para saksi. Harahap mengatakan, meski selisihnya hanya satu poin, namun harus diciari tahu hingga tuntas.

Setelah membuka kembali Form C1 dari masing-masing TPS, tidak ditemukan kesalahan, namun akibat kesalahan penjumlahan oleh anggota PPK yang menggunakan kalkulator. "Kesalahan ini hanya human error karena salah memencet kalkulator. Data milik saksi akurat karena penghitungannya menggunakan komputer," lanjut Harahap.

Dia melanjutkan, dari total DPT kecamatan Bengkong sebanyak 65.81, tingkat partisipasi pemilih kurang dari 50 persen yakni 30.795 atau 48,98 persen. Dari partisipasi yang sudah rendah itu, sebanyak 513 pemilih yang datang ke TPS membuat kesalahan sehingga surat suaranya rusak dan tidak sah.
Editor: Dedy Suwadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
4394 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas