• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Batam

Stop! Nulis Status Bernada Kasar

Minggu, 16 Januari 2011 22:03 WIB
Stop! Nulis Status Bernada Kasar
Tribunnews batam / Nyonk
Jangan Asal Update Status di Facebook atau Twitter. Foto diperagakan Model.
Laporan Rio Batubara Wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM - Menulis status di jejaring sosial mah gampang. Ibarat pejam mata, jadi deh! Kayaknya nggak gitu juga deh. Walaupun kesannya sepele, tapi status dalam jejaring sosial punya efek tersendiri loh pada penilaian orang sama kita.

"Kalau kita terus menerus menulis kata-kata kasar atau kalimat negatif, orang pun bakal mikir kita sebagai orang yang kasar. Kita bisa saja kehilangan teman-teman gara-gara hal tersebut," ujar Mbak Evy Rakryani, Psikolog Batam Medical Centre.

Menulis status di jejaring sosial yang berisi kata-kata kasar bakal menggambarkan imej kita di mata orang. Dengan cara itu pula orang lain akan menilai diri kita. "Imej yang terbentuk akan negatif pula. Lebih baik mengungkapkan dengan gaya sindiran halus. Hal itu jauh lebih elegan," ungkapnya.

Gak beda dengan etika dalam bersosialisasi, dalam mengungkapkan status kita di jejaring sosial juga perlu etika. Etika akan membuat kita tetap pada rambu-rambu sosial dalam lingkungan. Kalo kita melenceng, secara otomatis kita bakalan dikucilkan.

"Youngster harus memiliki kemauan yang kuat untuk berubah. Kalo nggak dimulai dari diri sendiri, sama aja bohong. Kalau perlu minta ortu atau sahabat mengawasi atau bisa juga ikut kelas ESQ," kata Mbak Evy.

Daripada menulis kata-kata kasar yang hanya akan membuat orang marah kepada kita, mendingan kita menularkan energi positif kita dengan cara menulis status yang bersifat positif, mengingatkan, memotivasi, menghibur atau menulis apa saja yang membuat orang senang membacanya.

"Jadi, kalau mereka membaca status kita di jejaring sosial, mereka merasa mendapatkan semangat baru, energi baru dan tentunya mereka akan menciri-cirikan diri kita dengan seseorang yang memiliki kepribadian yang oke," tutupnya.
Editor: Dedy Suwadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
4664 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas