Selasa, 28 April 2015

Sekolah ke Luar Negeri dengan Ijazah Paket C

Kamis, 10 Februari 2011 20:07

Laporan Candra P Pusponegoro Tribunnews Batam


Tribun, mohon berita Dompak terus dikembangkan, dana APBD jelas disunat oleh para pejabat, terkait pengadaan lahan ada indikasi KKN pejabat di Pemprov Kepri. Dewan pers, Tribun khususnya harus melihat dengan jeli, teliti, tegas, dan terbuka. Trims.
Pengirim: +6282172723647

Pertanyaan:
Sekolah ke Luar Negeri dengan Ijazah Paket C

Assalamu'alaikum Yth Kadis Diknas Kota Batam, sekarang ini banyak pusat studi atau bimbingan belajar (bimbel) yang berlomba-lomba menawarkan fast short training. Apakah regulasi pendirian bimbel harus ada perizinannya? Jika tidak ada izin apa juga akan di razia oleh Diknas? Kemudian ijazah paket A, B, C memiliki standar internasional? Sebab jika lulusan paket C hendak melanjutkan sekolah ke luar negeri apa bisa memakai ijazah C itu?
Pengirim: +62819775xxxx

Jawaban:
Harus Dikomunikasikan dengan Kemendiknas

Wa'alaikumus-salam. Terima kasih atas pertanyaan Anda. Untuk membuka tempat bimbingan belajar (bimbel) harus mengantongi izin dari Dinas Pendidikan dengan semua persyaratan yang ada. Apabila tidak ada izin resmi, maka tempat bimbel tersebut termasuk ilegal dan melanggar peraturan. Tentu jika ada laporan dari masyarakat, kami akan menyegel tempat bimbel tersebut. Untuk itu diharapkan masyarakat harus jeli memilih tempat bimbel yang legal dan tidak bermasalah.

Mengenai ijazah kejar paket A, B, C pada dasarnya ijazah tersebut memiliki kesetaraan yang nilainya sama dengan ijazah reguler yang dimiliki oleh pelajar yang sedang atau sudah mengikuti pendidikan reguler di sekolah, baik SD/sederajat, SLTP/sederajat, SLTA/sederajat. Namun untuk sekolah ke luar negeri perlu dikomunikasikan dengan Kementrian Pendidikan Nasional. Di Indonesia memang ada kesepakatan dengan Dirjen Perguruan Tinggi untuk bisa sekolah ke luar negeri.

Drs Muslim Bidin MM
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam

Halaman1234
Editor: Dedy Suwadha
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas