Pelantikan Haswandi Dihadiri Pengacara Susno

Setelah Empat Bulan PN Posisi Tersebut Kosong

Pelantikan Haswandi Dihadiri Pengacara Susno
Tribunnews Batam / Zabur Anjasfianto
Pelantikan Haswandi sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batam,
Laporan Zabur Anjasfianto, wartawan Tribun Batam

BATAM, TRIBUN- Haswandi SH MHum resmi menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batam, setelah dilantik oleh Ketua PN Batam, Surya Perdamaian SH, jumat (11/2). Sebelumnya Haswandi SH MHum merupakan anggota Majelis Hakim PN Jakarta Selatan yang menyidangkan kasus terdakwa Komjen Susno Duadji.

Haswandi pun dipermosikan oleh Makamah Agung (MA) diangkat menjadi Wakil Ketua PN Batam, sehingga dia tidak bisa menghadiri sidang putusan Susuno beberapa waktu lalu. Sedangkan temannya yang juga menjadi anggota Majelis Hakim dalam perkara yang sama, yakni Artha Theresia SH juga dipermosikan dan diangkat menjadi Wakil Kerua PN Pangkal Pinang.

Haswandi sendiri menggantikan posisi Surya Perdamiain SH yang diangkat menjadi Ketua PN Batam yang juga menggantikan DR Ridwan Mansyur SH MH yang pindah menjadi Ketua PN Palembang. Serah terima jabatan (Sertijab) dan pengambilan sumpah kepada Haswandi berlangsung di ruang sidang utama PN Batam.

Dalam Sertijab tersebut tampak Ketua Majelis Hakim PN Jakarta selatan, Bartinaho Sh,MH yang menangani perkara Gayus Halomoan Tambunan, serta Pengacara kondang Hendri Yosodiningrat yng hingga kini masih aktif membela kasusnya Komjen Susno Duadji sejak beberapa bulan lalu di wilayah PN Jakarta selatan.

Ketua PN Batam, Surya Perdamaian SH mengatakan dengan adanya pejabat baru Wakil PN Batam yang selama ini kosong selama empat bulan bisa memberikan penyempurnanan adiministrasi di PN Batam termasuk tindak pidana dan perkara lain yang akan disidangkan.

"Pergantian dan mutasi ini merupakan hal wajar udakan dinamika demokrasi dalam peningkatan dan promosi suatu jabatan,"ujarnya.

Selain mendapatkan pejabat baru Wakil Ketua PN Batam, MA juga menambahkan empat orang hakim. Empat orang hakim baru yang akan bertugas di PN Batam antara lain, Riska Widiana SH yang sebelumnya bertugas di PN Bangkinang, Sobandi SH yang sebelumnya bertugas di PN Indramayu. Selanjutnya Ridwan SH MH yang sebelumnya bertugas di PN Cianjur dan Thomas Tarigan SH MH yang sebelumnya bertugas di PN Wonogiri.

Editor: Dedy Suwadha
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved