Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Batam

Nabung Rp 5 Juta Bisa Umroh di Bank Muamalat

Selasa, 22 Februari 2011 16:00 WIB

Nabung Rp 5 Juta Bisa Umroh di Bank Muamalat
Tribunnewsbatam / Anne Maria
Bank Muamalat
Laporan Anne Maria wartawan Tribunnews Batam

BATAM, TRIBUN
- Setelah sukses meluncurkan produk dana talangan porsi haji, Bank Muamalat selaku bank pertama kali yang berbasis syariah mengeluarkan produk dana talangan umroh yang telah launching 14 Februari lalu.  Untuk melancarkan layanan ini, Bank Muamalat  coba gandeng 22 konsorsium biro perjalanan haji, seperti Zulindo, Paradiso dan banyak lagi.

Dalam sosialisasi yang diadakan kemarin (22/2) di Hotel Mercure, dijelaskan jika produk dana talangan umroh hadir untuk menjawab keinginan umat muslim yang berkeinginan menunaikan ibadah umroh.

"Setelah kita berbicara dengan pelaku tour dan travel perjalanan haji, ternyata minat umroh dari penduduk Batam cukup banyak. Mungkin karena jika menunaikan ibadah haji kan masih waiting list, jadi banyak juga pelaku biro perjalanan yang menyarankan untuk umroh dahulu. Namun, kendalanya masih banyak orang yang belum punya dananya, dari situlah kita mencoba fasilitasi," sebut Okky Sukardian selaku Branch Manager Bank Muamalat Cabang Batam.

Menurut pria ini, dana talangan umroh menyatu menjadi satu paket dengan produk tabungan iB Muamalat Umroh. Dimana nasabah bisa memilih sendiri apakah ingin berangkat setelah tabungannya cukup, atau langsung berangkat dengan bantuan talangan dana umroh.

Tabungan ini ditujukan untuk pribadi atau individu yang sudah memiliki penghasilan tetap, tanpa diwajibkan menggunakan agunan. Tetapi penawaran paket ini disebutnya hanya melalui biro travel mitra Bank Muamalat.

"Tabungan iB Muamalat Umroh ini sangat meringankan para individu yang memiliki niat menunaikan ibadah umroh. Hanya dengan menyetor uang Rp 200 ribu, sudah bisa menjadi nasabah, dan untuk tabungan selanjutnya kelipatan Rp 100 ribu. Nasabah bisa saja menunaikan umroh setelah tabungannya cukup, tetapi jika belum pun bisa. Dengan produk talangan umroh, yang mana nasabah hanya perlu mengisi tabungannya sebesar 30 persen dari biaya umroh yang ditetapkan oleh biro perjalanan," jelasnya lagi.

Dicontohkan Okky, jika dana untuk menunaikan umroh diperlukan biaya sebesar Rp 15 juta, maka nasabah hanya perlu menyiapkan uang Rp 5 juta untuk berangkat umroh. Karena sebanyak 70 persen dana keberangkatan atau sisa Rp 10 juta tersebut sudah ditalangi dulu oleh pihak bank. Untuk dana yang ditalangi oleh bank, nasabah diberi kesempatan untuk mencicilnya sepulang ibadah dalam kurun waktu maksimal tiga tahun.

"Menariknya lagi, tidak hanya si nasabah langsung, tetapi orangtua atau sanak saudara dari si nasabah pun bisa kita berangkatkan umroh. Dengan kata lain produk ini tidak tertutup digunakan bagi nasabah saja, tapi bisa untuk familinya. Dan besaran dana yang bisa ditalangi oleh Bank Muamalat pun senilai Rp 35 juta per nasabah, sehingga memungkinkan untuk dua orang berangkat," tambahnya

Terakhir disebut Okky, nantinya antara pihak bank dengan para pelaku biro perjalanan haji yang menjadi mitra pun akan saling bertukar fee sesuai kesepakatan.

Menurutnya target tahap awal dari produk ini, Bank Muamalat optimis bisa menjaring sebanyak 1.000 jamaah umroh melalui kerjasama dengan biro perjalanan haji. Bagi Anda yang memiliki niat dan rindu menunaikan ibadah sunnah ini, langsung saja buka tabungan iB Muamalat Umroh di Bank Muamalat.
Editor: Dedy Suwadha

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas