Tips

Kiat Merawat Sepatu

Sebelum disimpan, bersihkan dulu dari sisa-sisa tanah yang menempel di bagian bawahnya.

Benda  yang satu ini vital dalam berbagai kegiatan. Jenisnya pun macam-macam tergantung model, bahan dan kegunaannya. Berikut beberapa tips perawatan sepatu secara umum:

* Sebelum disimpan, bersihkan dulu dari sisa-sisa tanah yang menempel di bagian bawahnya. Bila perlu, cucilah menggunakan sabun/sampo khusus. Ingat, tak semua sepatu harus dicuci. Ada yang cukup diangin-anginkan saja, dilap basah, atau malah dilap kering menggunakan kain halus seperti flanel.

* Setelah bersih, segera keringkan agar tidak menimbulkan bau tak sedap. Perhatikan apakah bahan sepatu bisa terkena sinar matahari secara langsung atau cukup dengan cara diangin-anginkan.

* Sepatu dari bahan kulit perlu disikat menggunakan sikat khusus sepatu. Bisa juga manfaatkan leather cleaner /bahan pembersih khusus sepatu kulit.

* Menyimpan sepatu kulit dalam kardus tidak dianjurkan karena membuatnya gampang lembab dan berjamur. Menggunakan silica gel, boleh-boleh saja untuk mengurangi kelembaban tersebut, namun setiap 2 minggu sekali gantilah silica gel. Paling baik sepatu disimpan di rak terbuka dengan posisi berdiri.

* Gunakan ganjalan/bantalan sepatu agar bentuknya tidak berubah. Kalaupun tak punya ganjalan khusus, koran bekas bisa dimanfaatkan untuk menyumpalnya. Bisa juga dengan bantalan bahu yang tak lagi digunakan.

Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help