Selasa, 25 November 2014
Tribun Batam

Warga Kampar Gelar Tradisi Mandi Balimau Kasai

Minggu, 31 Juli 2011 13:15 WIB

Laporan Abd Rahman Mawazi, wartawan tribunnewsbatam.com

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Masyarakat Kampar, Riau yang berada di Batam tidak ingin meninggalkan tradisi Mandi Balimau Kasai. Upacara mandi menjelang Ramadan ini ditengarai sebagai upacara pembersihan diri dan menjauhkan dari balak. Tradisi ini sudah berlangsung lama di kampung halaman mereka.

Biasanya, tradisi ini dilakukan di sungai Kampar. Namun di Batam, mereka melakukannya di pantai Tanjung Pinggir  yang memiliki pemandangan gedung-gedung tinggi Singapura. Di sini ratusan masyarakat Kampar berkumpul dan memulai prosesi Mandi Balimau Kasai.

"Ini memang tradisi kami di kampung. Tujuannya untuk membersihkan diri menjelang puaso," ujar Babur, warga Kampar kepada Tribunnewsbatam.com, Minggu (31/7/2011). Prosesi ini dihadiri oleh ketua Ikatan Keluarga Kampar Batam yang juga anggota DPRD Kota Batam dari Partai Golkar, Zainal Abidin.

Selain warga Kampar, banyak juga warga lainnya yang memilih berlibur ke pantai Tanjung Pinggir ini. Dari pantauan tribunnewsbatam.com, beberapa karyawan dari perusahaan juga berlibur ke pantai ini. Mereka menggunakan hari Minggu untuk bertamasya bertama teman dan keluarga.

"Di sini asyik. Kita bisa lihat-lihat kapal besar-besar dan gedung-gedung Singapura. Di sini juga lebih ramai," kata Ira, karyawan dari peruhaan yang beroperasi di kawasan industri Mukakuning.
Editor: Purwoko

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas