Kuliner

Inilah 8 Restoran di Batam Sudah Bersertifikat Halal

Delapan Restoran Sudah Bersertifikat Halal

Inilah 8 Restoran di Batam Sudah Bersertifikat Halal
Tribunnews Batam / Istimewa
Hotel goodway Batam

Laporan Wartawan Tribun, Candra P. Pusponegoro

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Ramadhan sudah berjalan tiga hari. Keberadaan restoran yang belum memiliki sertifikat halal cukup banyak. Meski demikian, Sekretaris Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Kepri, Khairuddin Nasution BSc mengingatkan agar umat muslim bisa selektif dalam memilih tempat untuk berbuka puasa atau sahur.

Dia menyebutkan saat ini sudah ada delapan restoran hotel yang bersertifikat halal. Selain itu, restoran tersebut juga memiliki sistem jaminan halal (SJH). Kedelapan restoran itu antara lain berada di hotel Pusat Informasi Haji (PIH), Panorama Regency, Golden View, Goodway, Virgo, Pacific, dan The Hill (dulu namanya Green Garden). Dengan jaminan halal ini, umat muslim yang berkeinginan melakukan kegiatan buka atau sahur bersama saat Ramadhan tiba agar memilih tempat tersebut.

“Insya allah kalau sudah ada sistem jaminan halal yang diawasi oleh LPPOM MUI, umat muslim tidak perlu ragu-ragu lagi di sana,” ujar Khairuddin Nasution kepada Tribun, Rabu (3/8).

Meski demikian, dirinya tidak ingin menyinggung restoran-restoran lainnya yang belum memiliki sertifikat halal. Dia hanya menegaskan jika masyarakat muslim yang ingin menikmati hidangan makan atau minum sesuai dengan syariat Islam, tentu harus memilih di lokasi yang sudah ada jaminannya halalnya saja.

“Kalau umat muslim ingin halal ya datang saja ke restoran-restoran di hotel yang sudah ada sertifikat halalnya. Kalau mereka datang ke lokasi lainnya ya silakan saja namun kami tidak menjamin sistem kehalalannya,” tegas Khairuddin Nasution.

Untuk itu, lanjut dia, LPOM MUI merupakan lembaga yang dijadikan contoh nasional dalam hal kuantitas dan kualitas penerbitan sertifikasi halal di Indonesia. Maka, pihaknya mengajak masyarakat muslim pada saat bulan Ramadhan nanti tidak sembarangan memilih restoran untuk kegiatan berbuka puasa atau sahur. (tia)

Editor: Dedy Suwadha
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help