Minggu, 23 November 2014
Tribun Batam

Siswa di Kundur Gelar Pesantren Kilat

Rabu, 3 Agustus 2011 23:00 WIB

Siswa di Kundur Gelar Pesantren Kilat
tribunnewsbatam/ ahmad yani
Siswa di Kundur Gelar Pesantren Kilat
Lapoaran Ahmad Yani, Wartawan Tribunewsbatam.com
 

TRIBUNEWSBATAM, TANJUNGBATU- Hari pertama sekolah, pada bula suci Ramadhan, seluruh sekolah di Pulau Kundur baik tingkat SD, SMP dan SMA menggelar kegiatan menyemarakan ramadhan dengan pesantren Kilat, Selasa (3/8).
 
Kegiatan pesantren kilat di sekolah yang ada di Pulau Kundur digelar selama empat hari. Sesuai dengan kelendar pendidikan, selama empat hari bulan ramadhan sekolah, seluruh siswa diwajibkan mengikuti kegiatan keagaaam atau pesantren kilat ini.
 
Setelah selesai mengikuti pesantren kilat selama empat hari. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan seperti biasa. Sedangkan untuk siswa non muslim tidak diwajibkan mengikuti kegiatan pesantren kilat ini.
 
Kegiatan pesantren kilat juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman bagi peserta didik pada bula suci ramadhan ini.  Bagi siswa yang tidak ikut hadir pada kegiatan pesantren kilat ini diberik sanksi atau absent tidak masuk sekolah.
 
Seperti yang terlihat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kundur. Kegiatan menyemarakan ramadhan dengan pesantren kilat digelar di Masjid sekolah. Seluruh siswa dikumpulkan didalam satu ruangan. Antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dipisahkan dengan garis pembatas menggunakan kain.
 
Saat tribun melilihat keigatan pesanteren kilat di SMAN3 Kundur, para siswa sedang berlomba lagu-lagu Qasidah dan Nasyid dengan dewan juri dari guru mereka di sekolah tersebut. Terlihat siswa tampak semangat bernyanyi dengan beregu itu.
 
“Kegiatan pesantren kilat dilakukan setiap memasuki bulan suci ramadhan dan merupakan kegiatan pembinaan keagamaan para siswa,”kata Elmiati Irita guru di SMA Negeri 3 Kundur.
 
Elmiati menambahkan, selain memberikan ceramah, setiap siswa diberikan bekal tentang pendidikan agama pada bulan suci ramadhan yang berhubungan dengan ramadhan.
 
Menurutnya lagi, siswa ini tidak hanya dibekali ilmu agama, namun pihak sekolah juga menggelar berbagai perlombaan seperti lomba Nasyid, Kreasi Busana, Asmaul Husna dan Kaligrafi.
 
“Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan selama empat hari yakni dari Selasa hingga Jumaat khusus bagi siswa yang beragama Islam sedangkan non muslim tidak diwajibkan mengikuit pesantren kilat ini,”kata Elmiati Ketua Panitia Pesantren Kilat di SMA Negeri 3 Kundur.
 
Selain sekolah setingkat SMA, siswa setingkat SMP juga menggelar kegiatan yang sama pada bulan suci ramadhan ini. Hampir seluruh SMP juga ikut serta mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan keagaamaan atau pesantren kilat.
 
“Selama pesantren kilat siswa diberikan ceramah keagamaan dan  pendidikan agama, setelah selesai pesanteren kilat ini baru akan digelar lomba-lomba berbasis islam,”kata Farnah guru di SMA Negeri 3 Kundur ini. (aan)
Editor: Dedy Suwadha

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas