Kamis, 27 November 2014
Tribun Batam

Hore! Jamsostek Batam kucurkan 9 M untuk Pekerja

Jumat, 30 September 2011 15:53 WIB

Hore! Jamsostek Batam kucurkan 9 M untuk Pekerja
Ilustrasi
Jamsostek telah mengucurkan dana CSR sebesar Rp.9 M

Laporan Tribunnewsbatam.com, Hadi Maulana

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Kabar gembira bagi Anda peserta Jamsostek Cabang Batam, pasalnya PT Jamsostek Batam Cabang 1 Batam telah mengucurkan dana program Corporate Social Responsibility (CSR) yang nilainya mencapai Rp9 miliar.

Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab Jamsostek selaku BUMN dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pesertanya. Dimana dana CSR yang digulirkan itu diperuntukkan untuk program kemitraan dan bina lingkungan.

Adapun program tersebut diantaranya pinjaman uang muka perumahan (PUMP) kerjasama bank dan pinjaman renovasi rumah kerjasama bank.

Surya Rizal, Kepala Bidang Pemasaran PT Jamsostek Batam Cabang 1 yang di temui Tribunnewsbatam menjelaskan bahwa Program PUMP adalah Program dari Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) yang memberikan pinjaman sebagian uang muka perumahan kepada tenaga kerja peserta Jamsostek untuk pemenuhan kebutuhan perumahan melalui fasilitas KPR dari perbankan.

"Tujuan dari PUMP ini adalah untuk membantu Tenaga Kerja peserta program Jamsostek dalam rangka pemilikan rumah melalui KPR perbankan. PUMP ini akan diberikan kepada Tenaga Kerja yang telah memenuhi persyaratan dengan jumlah maksimal yaitu lebih kurang Rp20 juta untuk penyaluran lewat perbankan dan Rp15 juta untuk penyaluran biasa," sebut Surya beberapa waktu lalu.

Bahkan untuk suku bunga sendiri, tambah Surya, hanya dikenakan sebesar tiga persen pertahun, yang diberlakukan dengan sisitem flat atau datar.

"Jangka waktu PUMP maksimal 5 tahun dan tipe rumah yang mendapat dukungan PUMP Jamsostek maksimal sampai dengan rumah sederhana (RS/T36)," ujar Surya.

Sedangkan untuk program renovasi atau pengembangan rumah bagi tenaga kerja yang tergabung dalam peserta Jamsostek, pinjaman maksimal yang diberikan PT Jamsostek sebesar Rp30 juta dengan masa pinjaman sampai sepuluh tahun dan bunga enam persen.

Selain itu, lanjut Surya, dana CSR yang digulirkan ada juga buat program pelayanan kesehatan cuma-cuma serta beasiswa bagi anak peserta yang berprestasi. "Seluruh program tersebut dikhususkan bagi tenaga kerja yang telah menjadi peserta program Jamsostek," jelas Surya.

Diterangkan Surya meski telah menggelontorkan dana CSR sebesar itu, namun penyerapannya masih sangat rendah. Tercatat hingga akhir September 2011 ini penyerapannya baru sekitar 30 persen dari total dana Rp9 miliar.

Padahal belum lama ini pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi kepada para developer yang bekerjasama dengan REI Batam, BTN, Gapensi dan Apindo.

"Kami memperkirakan rendahnya penyerapan dana CSR tersebut lantaran ada informasi yang putus antara developper dengan para peserta Jamsostek tersebut," jelas Surya yang selanjutnya pihaknya akan lebih memfokuskan sosialisasi ke peserta secara langsung maupun melalui media.
Editor: Iman Suryanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas