Citizen Journalism

Lusi Keliling Washington DC Pakai Becak Cuma 10 Dollar AS

Catatan Perjalanan program International Visitor Leadership Program ke Amerika

Lusi Keliling Washington DC Pakai Becak Cuma 10 Dollar AS
tribunnewsbatam/ istimewa
Lusi Keliling Washington DC Pakai Becak Cuma 10 Dollar AS

Saya mengikuti program International Visitor Leadership Program (IVLP) tanggal 11 Agustus hingga 6 September keliling Amerika Serikat. Kisah perjalanan mengunjungi berbagai lokasi bisnis, tempat wisata, kantor pemerintah, museum, keramaian kota di Negeri Paman Sam sangat menarik dan semoga bermanfaat bagi pembaca termasuk pemerintah dan pelaku usaha.

IVLP ini merupakan program yang disponsori US Department State. Banyak cerita lucu dan menarik selama saya berkeliling Amerika dari satu state ke state lain. Sungguh pengalaman yang sangat berharga sepanjang hidup saya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca dan memotivasi para generasi muda agar menggunakan masa mudanya dengan sebaik baiknya. Dan khususnya para KKMB yang mungkin sampai sekarang kinerjanya belum diakui oleh pemerintah Indonesia. Saran saya tetaplah berkarya, lakukanlah yang terbaik dan yakinlah  ada hadiah manis menanti Anda. 

Program IVLP bertujuan untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Program ini sedikit special karena pihak pemerintah Amerika yang memilih siapa siapa saja yang pantas untuk mengikutinya.  Alhamdulilah saya terpilih dalam program IVLP untuk bidang  "Economic Development” bersama satu peserta  berasal dari Medan  bernama Muhammad Ishaq.

Dari sekian program pelatihan atau training di luar negeri, program inilah yang menurut saya cukup bagus dan menelan biaya besar untuk setiap peserta.  Jujur sebagai seorang Pembina UKM yang sering melakukan study banding ke beberapa negara, pemerintah Amerika mempunyai metode yang sangat luar biasa. Secara garis besar selama di sana saya mempelajari peranan NGO, kewirausahaan, politik, bisnis internasional dan perdagangan, eco-tourism, fishing industry, free trade zone, industrial park, kebijakan kebijakan ekonomi dan pertanian.

Program ini sudah berjalan selama 70 tahun, dan para alumninya hampir rata-rata adalah presiden presiden di dunia, tokoh politik maupun tokoh terkenal dunia. Alumni IVLP dari Indonesia antara lain Gus Dur dan Megawati, selain itu Tony Blair Perdana Menteri Inggris dan M Yunus (founder Gramen Bank) juga alumni dari program ini.

Keunikan program ini, kami tidak perlu pintar bahasa Inggris karena telah dipersiapkan penerjemah dan kami berpindah pindah dari satu state ke state lain selama menjalani program. Selama melakukan perjalanan ini kami dicover asuransi yang cukup mahal, selain itu juga dibekali traveler cek untuk memenuhi kebutuhan kami selama berada di Amerika. 

Saya berkesempatan mengunjungi Washington DC, Kalamazoo-Michigan, Plainwell-Michigan, Chicago Illinois, Portland Maine, Los Angeles-California dan San Fransisco.  Program  kepemimpinan yang  sangat luar biasa, penggemblengan yang dikemas dengan manis sehingga saya tidak merasa berat menjalani program yang sebetulnya menguras otak, mental dan fisik.

Becak Di Sekitar White House

Washington DC adalah kota pertama yang saya singgahi. Kota dimana tempat pemerintahan Federal Amerika berpusat.  Dan beruntung sekali hotel tempat saya meginap hanya sekitar 2 blok dari “White House”.  Di kota ini saya diberi kesempatan berkunjung  ke tempat-tempat penting dan bertemu orang-orang penting.

Satu hari sebelum program dimulai, penerjemah dari pihak US Department State mengajak kami berjalan jalan ke Smithsonian yaitu sebuah kawasan yang banyak dengan museum dan masuk ke museum museum itu gratis. Di kota ini saya sempat berkunjung ke US Department State dimana Hilarry Clinton berkantor dan sempat berdiskusi dengan para penasehat ekonomi Presiden Obama dan Hilarry Clinton. 

Halaman
12
Editor: Dedy Suwadha
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved