Citizen Journalism

Salurkan Langsung CSR Maka Perusahaan Dapat Keringan Pajak

Berdebat dengan Serikat Pekerja Garang

Salurkan Langsung CSR Maka Perusahaan Dapat Keringan Pajak
tribunnewsbatam/ istimewa
Lusi bersama Bersama Anne Ketua Asosiasi Nelayan Lobster


Inilah diskusi yang paling seru yang saya alami.  Saya diberi kesempatan  berdiskusi dengan dua lembaga serikat pekerja yang dikenal garang di sana.  Yaitu AFL-CIO (Persatuan Serikat Pekerja di Washington DC) dan SEUI 721 (Persatuan Serikat Pekerja di Los Angeles).

Pada saat di Washington DC, saya bertemu salah satu ketua dari serikat pekerja yang pernah tinggal di Jakarta.  Dia menyampaikan cukup salut ada tamu dari Indonesia yang sempat berkunjung di kantornya. Dengan sedikit bergurau dia menyampaikan bahwa negara anda telah mengekspor krismon ke negara kami.

Pada saat nya nanti bisa saja negara Anda mempunyai posisi yang sama dengan negara kami (sambil mengangkat tangan kanan ke bawah sedikit menunjukkan negara Amerika, dan dia menaikkan tangan kiri sedikit yang menunjukkan negara Indonesia sehingga kedudukan tangannya menjadi sama).  Sungguh penghormatan luar biasa untuk saya ada orang dari negara lain bisa berpikiran seperti itu. 

Di negara Amerika penetapan besarnya UMK (Upah Minimum Kota) itu ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan di Indonesia UMK itu adalah hasil kesepakatan Tri Patrit yaitu Pemerintah, Pengusaha dan Serikat Pekerja.

Yang Paling seru adalah pada saat berdiskusi dengan SEUI 72 yaitu Persatuan Serikat Pekerja di Los Angeles. Kami berdiskusi sangat lama disana. Karena memang betul-betul seru perdebatan pada saat itu. SEUI 72 ini mempunyai sasaran perusahaan-perusahaan besar seperti Boeing Company, Exxon, Chevron, dll. 

Mereka bercerita bahwa pemerintah terlalu menganak emaskan perusahaan-perusahaan besar tersebut bahkan mereka bebas tidak membayar pajak. Lalu saya tanya dari mana anda tahu bahwa perusahaan-perusahaan tersebut tidak membayar pajak?. Mereka bilang di negara Amerika, laporan pajak bisa dilihat secara transparan. Lalu saya kembali menegaskan setahu saya, untuk perusahaan perusahaan besar yang menyalurkan dana CSR nya secara langsung, itu dapat membuat perusahaan tersebut mendapat potongan pajak atau bebas pajak.

Saya tanyakan kepada mereka apakah ini benar?. Mereka menjawab iya, itu benar jika perusahaan-perusahaan tersebut menyalurkan CSR nya secara langsung kepada masyarakat secara langsung maka pajak bisa dikurangi atau bahkan dibebaskan.

Kemudian saya lanjutkan kembali, apakah sebelum demo anda sudah bertemu dengan pemerintah dan pihak perusahaan Boieng? (saya ambil contoh satu karena saya sempat berdiskusi dengan direkutur CSR Boeing Company di Kantor pusat “Boeing” yang ada di Chicago”.

Lalu mereka jawab, pihak perusahaan belum mau bertemu dengan mereka. Mereka masih bertemu dengan pemerintah. Kemudian saya jawab, tahukah anda bahwa Boeing Company menyalurkan dana CSR nya dengan cara membangun pabrik di India bekerjasama dengan Tata Group dengan tujuan agar bisa membantu masyarakat India yang sangat miskin dan masih tetap mendatangkan keuntungan untuk negara anda?.

Maka itu jelas tidak akan ada laporan pajak yang keluar dari perusahaan itu karena perusahaan Boieng sudah membantu masyarakat India.  Mereka sangat terkejut dengan penjelasan saya. Pada saat berdiskusi saya sempat disudutkan oleh pihak serikat pekerja dan dari pihak pemerintah.

Halaman
12
Editor: Dedy Suwadha
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved