• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Batam

Sepanjang Tahun Berqurban Dengan Kornet Qurban

Sabtu, 5 November 2011 16:54 WIB

Sepanjang Tahun Berqurban Dengan Kornet Qurban
Tribun Batam/ Istimewa
Kornet Qurban
Laporan Tribunnews Batam, Elizagusmeri

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM
-Ketika mendapat pembagian hewan kurban, biasanya masyarakat menerima dalam bentuk daging mentah. Kemudian daging itu harus dibersihkan, dimasak dan punya batas ketahanan untuk beberapa hari.

Namun, kali ini melalui Rumah zakat daging kurban dibuat lebih berbeda dan praktis yakni dikalengkan berupa kornet (daging giling). Meskipun, cara tersebut tidak baru lagi dan sudah disebarkan oleh Rumah Zakat Indonesia dari tahun 2000, hal yang serupa masih dilakukan oleh Rumah Zakat Batam dalam menyambut Idul Adha tahun ini.

"Alhamdulillah program ini masih efektif berjalan dari tahun 2005 silam, kami masih membagikan daging kurban dalam bentuk kornet pada Idul Adha kali ini," terang Faisal Fajar, Manager Cabang Rumah Zakat Batam.

Berqurban dalam bentuk kornet memiliki beberapa kelebihan yakni higienis, praktis dan tentunya tahan lama (maksimal tiga tahun). Sesuai dengan temanya Hadirkan Senyum Sepanjang Tahun,daging kornet yang dikenal dengan Superkurban ini, tidak saja disalurkan saat Idul Adha. Akan tetapi, juga disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan diwaktu lain, misalnya saat terjadi bencana alam (program reguler).

"Kami mengalokasikan 5% kebutuhan internasional (seperti disalurkan ke Somalia), 5 % untuk Nasional,75% untuk lokal dan 15% sebagai cadangan (eksidental). Superkurban merupakan suatu langkah pengoptimalisasian daging kurban" ujarnya lagi.

Tahun ini, rumah zakat Batam menargetkan 300 pekurban untuk hewan kurban kambing dan sapi, diperkirakan menghasilkan 15 ribu kaleng kornet.Pembagian kurban difokuskan terlebih dahulu pada daerah pembinaan rumah zakat disekitar Sungai Beduk, Nongsa, Lubuk Baja, dan Sagulung. Setiap keluarga memperoleh 0,5 kg superkurban atau dua kaleng kornet.

Saat ini ada 185 hewan kurban dari masyarakat yang berkurban di Batam, terdiri dari 135 kambing dan 50 sapi. Bagi masyarakat yang ingin berkurban, Rumah Zakat membuka donasi hingga 8 November mendatang
Editor: Iman Suryanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
Facebook Connect
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas