• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Batam

Disdik Kepri Sediakan Beasiswa Rp 8,5 Miliar

Senin, 20 Februari 2012 17:41 WIB
Disdik Kepri Sediakan Beasiswa Rp 8,5 Miliar
Tribunnewsbatam/ iswidodo
Peresmian Gedung B STIE Pembangunan
Laporan Iswidodo Wartawan Tribunnews Batam

TANJUNGPINANG, TRIBUN-
Tahun 2012 ini Dinas Pendidikan Kepri bakal membagikan Rp 8,5 miliar untuk bantuan beasiswa para pelajar SMA, MA, SMK se Kepri baik yang berprestasi maupun kategori kurang mampu. Beasiswa tersebut bakal diserahkan enam bulan sekali.

"Saat ini masih dilakukan pendataan dan seleksi oleh pihak sekolah masing masing yang kemudian diajukan kepada kepala dinas pendidikan di kabupaten kota. Kalau SD SMP kan sudah ada dana BOS jadi prioritas beasiswa untuk pelajar SMA," kata Yatim Mustafa Kadis Pendidikan Kepri yang ditemui Tribun usai acara Peresmian Kampus B  STIE Pembangunan di Jalan Raja Haji Fisabilillah, Senin (20/2).

Besaran beasiswa itu untuk satu siswa sekitar Rp 520 ribu tiap enam bulan sekali dibagikan Juli atau Agustus. Jika pihak sekolah sudah mengirim ke Dinas Pendidikan Kota atau Kabupaten kemudian diserahkan ke provinsi. Begitu surat perintah pembagian sudah keluar maka Kadis Pendidikan kirim surat ke kabupaten kota agar mencairkan dana beasiswa di BKKD. Artinya dana itu tidak mengendap di kas dinas pendidikan.

Sedangkan bagi para mahasiswa, ada juga bantuan beasiswa prestasi dan kurang mampu. Mahasiswa D3 dialokasikan Rp 3 juta setahun, Rp 4 juta untuk mahasiswa S1 dan ada juga para penuntut ilmu di jenjang S2 Rp 6 juta  maupun S3 hingga maksimal Rp 15 juta. Pembagian juga tiap enam bulan sekali.

"Tahun ke-7 provinsi Kepri ini sudah ada 34 kampus swasta dan negeri terdiri dari 19.300 mahasiswa. Angka Pertisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Kepri masih rendah yaitu 12 persen dari jumlah penduduk. Maka kita tingkatkan dengan memperbanyak beasiswa. Kita turut bangga dan mendukung STIE Pembangunan makin berkembang dan berkiprah meningkatkan kualitas SDM," ujar Yatim mewakili Gubernur dalam acara tersebut.
Editor: Dedy Suwadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas