Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Batam

LIF

Sarang Semut Obat 1000 Penyakit

Selasa, 21 Februari 2012 14:46 WIB

Sarang Semut Obat 1000 Penyakit
Tribun Batam/ Istimewa
Ilustrasi Sarang Semut
Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM
- Sarang Semut dengan nama imiah myrmecodia pendans merupakan tanaman ,yang digunakan sebagai sarang semut.

Didalamnya terdapat labirun yang digunakan semut sebagai liang untuk melakukan aktifitasnya. Meski sebagai tanaman yang tidak biasa namun khasiat pengobatan yang dimiliki sangat luar biasa.

Sarang semut diperkenalkan pertama kali di pedalaman Papua yang biasa digunakan sebagai obat oleh warga setempat selain buah merah.

Kemudian tanaman ini diolah sebagai campuran bubur dan juga sebagi minuman dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu banyak juga yang menggunakan sebagi obat untuk berbagai penyakit dalam.

Khasiat herbal yang dimiliki ditandai dengan kandungan zat-zat aktif seperti antioksidan, polifenol, dan glikosida yang terkandung dalamnya. Ketiga zat ini sangat membantu tubuh manusia untuk mengontrol beragam penyakit maut.

Salah satunya sebagai imuno stimulan untuk menambah kekebalan tubuh.

Secara teknis zat imuno stimulan akan membantu dan melindungi sel-sel tubuh agar dapat menjalankan pekerjaan dengan baik. Bila sel berfungsi baik maka penyakit gangguan sel bisa di cegah dan diobat.

Oleh karena itu, PT Prima Solusi Medika mengeluarkan produk sarang semutnya yang benar-benar terjaga khasiatnya.

"Pengolahan sarang semut kapsul dari PT Prima Solusi Medika sendiri tidak sembarangan. Misalnya, untuk menjaga kandungan flavonoid yang sangat rentan terhadap panas, dalam proses pengolahannya selain hati-hati dan tidak terlalu panas. Dan Kamipun menjaga suhu pengeringan pada oven pengering diatur secara tepat," terang Ifan, Product Manager PT. Prima Solusi Medika dalam rilis yang diterima Tribun, Selasa (21/2/2012).

Setelah proses pengeringan pun, tambahnya, masih dilanjutkan dengan proses radiasi yang menggunakan sinar Gamma. Dimana penyinaran ini bertujuan untuk memastikan sisa kuman atau bakteri yang ada benar-benar menjadi steril.

"Bisa dibilang mengkonsumsi sarang semut kapsul jauh lebih aman, ketimbang yang berbentuk lempengan. Karena prosesnya sarang semut lempengan ini hanya dengan pengeringan melalui sinar matahari yang suhunya jelas tidak stabil. Kalau sudah begitu kadar jamur dan bakteri yang tumbuh jauh lebih tinggi, apalagi jika kulit luar sarang semut tersebut yang berduri dan tidak dikupas, jadi hanya diiris dan dijemur saja," lanjut Ifan.

Berdasarkan hasil penelitian LIPI pun, sarang semut lempengan mengandung zat-zat berbahaya yang disebabkan karena reaksi udara dan alam sehingga tidak aman untuk dikonsumsi. Sebab akan menimbulkan efek negatif bahkan keracunan.

"Untuk mendapatkan khasiat terbaik sarang semut adalah yang sudah melalui serangkaian penelitian. Yakni sarang semut yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul yang dimana sudah melalui uji radikal bebas dan juga proses pengolahannya menggunakan teknologi ekstraksi yang telah memenuhi syarat CPOTB dan juga proses ekstrak dengan menggunakan bahan dasar etanol," ucapnya lagi.

Menurunya, banyak masyarakat awam yang kurang memahami dan mengetahui apa itu proses ekstraksi. Padahal itu merupakan hal yang mutlak dan wajib dilakukan jika ingin mendapatkan sari sarang semut tersebut.

Bukan dengan cara memasukan serbuk mentah ke dalam kapsul karena Serbuk tersebut tidak akan larut dalam proses pencernaan melainkan akan mengendap dan mengganggu kerja organ penting seperti lever dan ginjal.

"Hanya PT Prima Solusi Medika yang sudah melakukan dan mengikuti smua proses standar operasional pembuatan sarang semut kapsul ini. Dimana kami sendiri sudah memegang hak paten sarang semut di Indonesia dan telah memiliki registrasi badan POM RI. Untuk mendapatkan khasiat sarang semut yang asli, dapatkan hanya dari sarang semut kapsul Produksi PT Prima Solusi Medika," tutupnya.
Editor: Iman Suryanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas