A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Lelang Sampah Kembali Gagal - Tribun Batam
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribun Batam

Lelang Sampah Kembali Gagal

Jumat, 9 Maret 2012 00:14 WIB
Lelang Sampah Kembali Gagal
irwansyah.
Laporan Tribunnewsbatam.com, Nazar Napitu


TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM
- Lelang pengelolaan sampah oleh Pemerintah Kota Batam masih mengalami kegagalan hingga saat ini. Dan untuk sementara dua bulan ini PT Royal Gensa Asih (RGA) kembali ditunjuk dan melanjutkan pengangkutan sampah di kota Batam dengan anggaran sebesar Rp 6,3 Miliar.

Dan penunjukkan sementara PT RGA ini pun mengundang banyak pertanyaan dari Komisi III DPRD kota Batam.

Irwansyah Wakil Ketua Komisi III DPRD Batam Kamis (8/3) kepada sejumlah awak media mengatakan, lelang pengelolaan sampah sudah dua kali ini gagal yaitu di bulan Januari dan Februari lalu. Dan kegagalan lelang ini terungkap saat Komisi III hearing bersama Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Bahkan saat hearing, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) disebut tidak mengetahui alasan kegagalan lelang pengelolaan sampah itu.

"Kenapa gagal mereka tidak tahu, karena yang melakukan lelang bukan DKP, tapi UPL (Unit Pelayanan Lelang),"ungkap Irwansyah. Kamis (8/3).

Irwansyah juga mempertanyakan PT RGA yang gugur tender pada tahap seleksi namun bisa ditunjuk melanjutkan sementara dua bulan kedepan pengangkutan sampah di Batam, padahal pada tahap seleksi PT RGA gugur.

"Ini jelas menyalahi perpres, sudah gugur kok bisa ditunjuk mengelola sampah,"ungkap Irwansyah dengan tanda tanya.

Ia menuturkan, pada Januari 2012 lalu, lelang pertama dilakukan, namun gagal. Dimana saat itu 13 perusahaan mendaftar, dan diakhir hanya tinggal dua perusahaan yang memasukkan penawaran lelang. Setelah itu, lelang kedua digelar tanggal 13 Februari, namun juga masih gagal. Dimana, lelang kedua itu ada delapan perusahaan yang mendaftar dan hanya 5 perusahaan yang memasukkan penawaran. Oleh karena itu, komisi III diakui akan mengundang kelima perusahaan peserta tender bersama UPL.

"Minggu depan kami akan undang semuanya, termasuk UPL dan kelima perusahaan yang gagal ikut lelang itu,"ujarnya.

Irwansyah menyayangkan kinerja ULP (Unit Layanan Pengadaan), karena kelima perusahaan besar yang telah mendaftarkan diri dalam lelang gagal semuanya.
"Ini aneh, masak lima perusahaan besar dan mengerti teknis lelang bisa sampai gagal semua dalam proses lelang. Jadi apa saja kerjanya UPL,"cetusnya.

Dibeberkannya, kelima perusahaan yang ikut mendaftarkan diri dalam proses lelang pengelolaan sampah di Batam antaralain,  PT Gondang Tua Jaya dengan nilai penawaran sebesar Rp24 miliar. PT Abadi Mandiri Sukses dengan penawaran Rp 25 Miliar, PT Ernijuta Agung dengan penawaran Rp 25,7 Miliar, PT Bunga Permata Rp dengan penawaran Rp 29,8 Miliar, dan PT Royal Gensa Asih (RGA) dengan penawaran Rp 31,9 Miliar.

Semua perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar. Bahkan, kata Irwansyah, PT Gondang Tua Jaya merupakan perusahaan pelayanan sampah di Jakarta dan cukup besar serta berpengalaman. Demikian juga dengan PT RGA pun gagal, pada hal RGA perusahaan pelayan sampah di Batam yang sudah tua dan pengalaman.

"Harusnya dimenangkan yang mengajukan penawaran terendah Rp 24 miliar. Yang lucunya, PT RGA secara teknis gugur lelang tapi malah ditunjuk, ini kenapa? Ini sudah menyalai perpres. Kita menduga, ada jagonya yang mau dimenangkan, entah siapa jagonya itu,"kata politisi PPP ini.
Editor: Dedy Suwadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
21114 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas