• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Batam

Kepri Tuan Rumah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-4 Nasional

Selasa, 1 Mei 2012 23:36 WIB
Laporan Thomlimah Limahekin, Wartawan Tribunnewsbatam.com

TRIBUNNEWSBATAM.COM, TANJUNGPINANG
- Tidak hanya sekadar menjadi tuan rumah pada perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-4 untuk tingkat nasional, gubernur Kepri HM Sani menargetkan provinsi Kepri menempati juara I dalam MTQ yang digelar pada 2014 mendatang. Dan, untuk mencapai target tersebut, pemerintah provinsi (Pemprov) Kepri bahkan mengutus peserta MTQ mengikuti pelatihan sampai ke Malaka.

"Menjadi tuan rumah tidak berarti kita harus jadi juara terakhir. Sebelumnya kita sudah masuk empat besar dari 33 provinsi. Kita harus berusaha jadi juara umum atau paling tidak juara II dan III. Karena itu saya minta supaya anak-anak kita itu diberi tour sampai ke Melaka sehingga wawasan mereka bisa menjadi luas," kata Sani saat meninjau astaka untuk perlombaan MTQ tingkat provinsi di Teluk Bakau kabupaten Bintan, Selasa (01/4).

Perlombaan MTQ tingkat provinsi ini, aku Sani, dipersiapkan sebaik mungkin. Sebab, perlombaan MTQ tersebut menjadi semacam embrio untuk menyambut MTQ ke-4 tinggkat nasional, yang rencananya akan dilombakan di Batam nanti. Persiapan secara fisik dari perlombaab MTQ tingkat provinsi ini sudah mencapai 99 persen.

"Bupati Bintan (Ansar Ahmad_red) juga sudah menyatakan siap menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi ini. Tinggal sedikit lagi persiapannya; tanggal 15 Mei ini sudah siap diselenggarakan. Saat ini panitia sedang memasang lampu-lampu saja. Tetapi saya harapkan agar bisa diperhatikan juga tempat parkir dan akses jalan. Karena tentu ada banyak orang yang datang nanti. Dan, para pedagang kaki lima juga harus diperhatikan. Sebab, mereka juga saudara-saudari kita," himbau Sani seraya menginformasikan bahwa MTQ tingkat provinsi itu akan dibuka oleh menteri agama apabila pada saat yang bersamaan, tidak ada agenda rapat kabinet di pusat.

Akan Jadi Pusat Ekonomi Kreatif


Astaka MTQ tingkat provinsi yang dibangun permanen dalam sebuah lokasi yang cukup luas dipastikan tidak akan dibiarkan mubazir usai perlombaan MTQ tersebut. Sebab, astaka yang terdiri dari unit-unit bangunan itu akan dialih-fungsikan menjadi tempat ekonomi kreatif di kawasan pantai timur Bintan.

"Kita targetkan astaka ini akan dijadikan pusat ekonomi kreatif bagi masyarakat. Di sini akan dibangun 'peckaging house', tempat oleh-oleh dan bengkel kegiatan yang menunjang ekonomi masyarakat di wilayah ini," jelas Ansar Ahmad, bupati Bintan, Selasa (01/4) menegaskan himbauan gubernur Kepri HM Sani yang sebelumnya, juga menganjurkan hal yang sama mengingat banyak astaka MTQ di daerah lain dibiarkan mubazir usai perlombaan MTQ.

Seluruh kegiatan perekonomian yang bakal dipusatkan di lokasi astaka tersebut dikonsepkan sedemikian sehingga bisa mendukung kegiatan pariwisata di wilayah tersebut. Ansar mengatakan akan menempatkan kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan di lokasi ini guna mengakomodir kegiatan pariwisata di kawasan pantai Timur Bintan ini.

"Tahun lalu jumlah turis yang masuk ke Bintan berjumlah 20 ribu orang. Kita harapkan supaya dengan adanya kegiatan ekonomi kreatif di wilayah ini, jumlah turis yang datang ke Bintan semakin meningkat. Kita juga akan menarik turis-turis dari Malaysia untuk datang ke sini. Apalagi sudah ada pelabuhan internasional ke Malaysia di daerah Berakit ini," harap bupati Bintan itu. (tom)
Editor: Dedy Suwadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
23162 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas