Selasa, 28 Juli 2015

Bintan Bangun 11 Unit Instalasi Biogas

Minggu, 6 Mei 2012 21:37

Bintan Bangun 11 Unit Instalasi Biogas
Tribunnewsbatam/ muhammad ikhsan
Unit Instalasi Biogas


BINTAN, TRIBUN - Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bintan saat ini tengah melaksanakan kegiatan pengembangan biogas. Tahun anggaran 2012 ini, ada 11 unit instalasi biogas yang akan dibangun. Hal ini berasal dari dukungan dana dari APBN untuk pembangunan 8 unit instalasi dan 3 unit dari APBD Kabupaten.


Biogas merupakan bahan bakar alternatif yang berasal dari kotoran hewan ternak seperti sapi.


"Caranya Dengan memanfaatkan gas dalam kotoran ternak yang diperoleh dari reaksi kimia dengan menggunakan teknologi terapan sederhana yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti memasak dan bahkan untuk lampu penerangan," ungkap drh. Iwan Berri Prima, selaku tim teknis Pengembangan dan Pengolahan Biogas, Distanhut Bintan, Minggu (6/5).


Iwan menyebut petani yang mendapat bantuan Biogas dari APBN ini ada 4 kelompok tani, yakni Kelompok Tani Tunas Jaya (Desa Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang) sebanyak 1 unit, Kelompok Tani Ekoproyo (Desa Bintan Buyu, Kec.Teluk Bintan) sebanyak 3 unit, Kelompok Tani Harapan Jaya (Desa Lancang Kuning, Kec. Bintan Utara) sebanyak 2 unit dan Gapoktan Agribangun Jaya (Desa Toapaya Utara, Kec.Toapaya) sebanyak 2 unit.


Sedangkan petani penerima bantuan Biogas dari APBD II Kabupaten sebanyak 3 unit di Kecamatan Teluk Sebong (1 unit), Kecamatan Toapaya (1 unit) dan Kecamatan Teluk Bintan (1 unit).


"Selama ini Kabupaten Bintan memang telah mengembangkan Biogas, namun instalasi (Biodigester) penampung gas yang digunakan terbuat dari bahan plastik (tipe plastic), sehingga relatif tidak dapat tahan lama karena mudah rusak, mudah bocor dan ketahanannya tidak lebih dari 1 tahun. Oleh karena itu, sekarang kita mengembangkan instalasi biogas tipe kubah beton (bahan beton) dan kubah fiber (bahan fiber)," jelasnya


Untuk sumber dana APBN, lanjut Iwan, pihaknya mencoba untuk membangun dengan tipe kubah beton, sedangkan sumber dana APBD II Kabupaten menggunakan tipe Kubah Fiber

Halaman12
Editor: Dedy Suwadha
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas