Citizen Journalism

Terapkan Sistem Manajemen K3, ATB Raih Bendera Emas

Terapkan Sistem Manajemen K3, ATB Raih Bendera Emas

Terapkan Sistem Manajemen K3, ATB Raih Bendera Emas
Tribunnewsbatam/ net/ist
ATB Raih Bendera Emas

PT Adhya Tirta Batam kembali menuai prestasi, kali ini dalam hal sistem manajemen K3.  Pada hari Rabu Tanggal 25 April 2012 Pukul 19.00 WIB bertempat di Gedung Convention Hall Smesco Convention Center Jakarta Selatan digelar acara Pemberian Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan penghargaan Zero Accident oleh Menteri Tenaga Kerja  dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar kepada Gubernur, Wali kota, Bupati dan perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan SMK3 dan Zero Accident.

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada Gubernur, Bupati/Walikota, para pengusaha, pekerja dan masyarakat yang telah melaksanakan K3 dalam setiap kegiatan sehingga mampu meningkatkan aspek perlindungan, mutu kerja dan produktivitas,“ kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam acara Penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2012.

PT Adhya Tirta Batam ( ATB )  salah satu perusahaan yang mendapatkan Sertifikat SMK3 dengan pemenuhan hasil audit sebesar 95% dari 166 Kriteria Audit SMK3 (Perusahaan Besar) yang dilakukan oleh Lembaga Audit Biro Klasifikasi Indonesia di tahun 2011 yang lalu. Atas prestasinya tersebut selain menerima sertifikat SMK3, ATB menerima  Bendera Emas yang  diberikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar kepada Presiden Direktur ATB, Graham Fairclough.

ATB sendiri termasuk 1 dari 5 perusahaan di Batam yang mendapatkan bendera emas dan zero accident serta berhak hadir di acara tersebut. “Untuk Kota Batam, perusahaan yang berhasil mendapatkan bendera emas adalah PT ATB, PT PLN, PT Citra Sentra Nusa Kabil, dan PT Profab,” kata Bukti Rantau dari Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Ia pun menambahkan bahwa ATB adalah salah satu perusahaan yang pencapaiannya sangat baik.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi ATB karena berhasil meraih sertifikat SMK3 dan bendera emas K3 dengan pencapaian hasil audit 95% yang merupakan kategori sangat baik untuk pelaksanaan sistem manajemen K3  untuk tingkat nasional,” kata Roni Hartawan, QHS Manager ATB.
Roni menambahkan bahwa prestasi ini merupakan bukti dari komitmen jajaran Direksi ATB untuk memprioritaskan keselamatan dan kesehatan karyawannya dalam melakukan aktifitas pekerjaannya.

“Pencapaian ini juga merupakan prestasi dari seluruh karyawan ATB, kontraktor ATB dan pelanggan ATB  yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penerapan sistem manajemen K3,” ujar Roni. Sertifikat ini akan ditinjau dan dilakukan audit kembali setiap 3 tahun sekali dan ATB akan berusaha  menuju perusahaan yang berpredikat Zero Accident atau tidak ada kecelakaan kerja.

“Bagian tersulit dari SMK3 ini adalah mengimplementasikan dan menjadikan K3 sebagai kebutuhan dan budaya yang bisa dijalankan di ATB sehingga mampu meningkatkan aspek perlindungan, mutu kerja dan produktivitas,” pungkas Roni.

Editor: Dedy Suwadha
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved