• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Batam

Plat Bodi Proton Exora Star Lebih Tebal

Minggu, 27 Mei 2012 16:09 WIB
Plat Bodi Proton Exora Star Lebih Tebal
Tribunnewsbatam/ net/ist
Plat Bodi Proton Exora Star lebih Tebal


Laporan Tribunnewsbatam Candra P. Pusponegoro

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM
- Varian Proton Exora Star secara resmi sudah diluncurkan oleh PT Proton Edar Indonesia Batam, Jumat (25/5/2012). Produk impor dari Malaysia ini menjadi pesaing andal dari jenis lain kategori Multi Purpose Vehicle (MPV). Yakni kendaraan yang difungsikan untuk mengangkut keluarga.

Artinya, varian Proton Exora Star memiliki dimensi dan ukuran yang lebih besar. Sehingga muatannya lebih luas dan lapang. Harga yang ditawarkan model transmisi manual Rp 162 juta on the road. Sedangkan harga untuk varian bertransmisi otomatis hanya Rp 173 juta.

Sales Manager PT Proton Edar Indonesia Batam, Afif Udin mengatakan untuk tipe Exora Star menggunakan mesin bensin Campro CPS 1.600 CC. Dengan empat silinder, katup pembakaran DOHC 16 valve dan bertenaga 125 hp (torsi 150 Nm). Kecepatan mobil bisa 165 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam 12,9 detik.

“Varian ini paling baru dari jenis Proton yang ada sekarang ini. Sebelumnya, tersedia Exora Star Executive dan Exora Star Supreme,” ujar Afif Udin saat dijumpai di ruang kerjanya, Jumat (25/5/2012).

Selain itu, mobil Exora Star menggunakan asesoris yang produksi asli Indonesia. Asesoris Proton Exora Star yang di produksi lokal tersebut di antaranya, head unit 2 DIN (USB, Bluetooth, CD), door vistor, side body, molding, tint glass, dan mark top variant.

Kemudian konsumsi bahan bakar dari jenis ini cukup irit. Per 1 liter bahan bakar bisa dioperasikan untuk menempuh jarak sepanjang 12 kilometer. Teknologi yang dikembangkan pada Proton berasal dari Lotus Inggris. Artinya, varian ini sudah memiliki lisensi dan standar dari Eropa.

“Plat bodi mobil ini cukup tebal, yakni 0,8 milimeter. Di dalam setiap sudut-sudut pintu terpasang plat baja khusus yang bisa melindungi para penumpang apabila terjadi benturan hebat. Di mana plat tersebut akan mereduksi hentakan yang keras itu,” ujar Afif.

Tidak hanya itu, lanjut Afif, teknologi kunci pengaman pintu mobil dikembangkan immobilizer system. Kunci mobil disertai dengan semacam chip (data base) yang sangat safety. Dengan kunci asli bawaan varian tersebut, kendaraan baru bisa dinyalakan. Sehingga tidak bisa dipaksa dengan kunci jenis lain.

Produk ini tidak jauh berbeda dengan Proton Exora Star Executive yang sama-sama dilengkapi audio system head unit 2 DIN. Yakni berisi USB, Bluetooth, DVD, interior semi leather seat, dan eksterior velg alloy. Ditambah sensor parkir belakang, garnish belakang, pillar B & C warna hitam, dan cover spion.

Bahkan pada bagian belakang dipasangkan sejenis lampu kabut dan spoiler belakang. Berbeda dengan Exora Star Supreme yang memiliki sistem audio Head Unit 2 DIN (USB, Bluetooth, DVD dan GPS), dan monitor LCD di atap untuk kursi belakang. Jok sudah berbahan kulit dan sistem interior dilengkapi dengan kamera parkir.

“Insya Allah dalam setiap bulannya kami menargetkan puluhan unit Proton Exora Star. Dan sekarang varian ini sudah beredar di Batam, rata-rata digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan,” jelas Afif. (tia)
Editor: Dedy Suwadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
23926 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas