A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Beberapa Larangan Penggunaan Dana BOS - Tribun Batam
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribun Batam

Beberapa Larangan Penggunaan Dana BOS

Senin, 25 Juni 2012 12:23 WIB
Beberapa Larangan Penggunaan Dana BOS
tribunnewsbatam.com/iswidodo
Carnaval anak anak PAUD di Tanjung Uban beberapa waktu lalu. Anak anak PAUD dan Program Kejar Paket A atau Paket B tidak termasuk dalam sasaran Dana BOS.
Laporan Tribunnewsbatam.com/Iswidodo

TRIBUNNEWSBATAM.COM-
Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk semua sekolah SD dan SMP baik negeri maupun swasta  di seluruh Indonesia dihitung berdasar jumlah murid. Dalam setahun pencairannya empat kali atau per triwulan. Satu siswa SD dihitung mendapat Rp 580 ribu per tahun. Sedangkan siswa SMP memperoleh Rp 710 ribu setahun.

Dana BOS tidak boleh disimpan jangka waktu lama dengan maksud dibungakan dan atau dipinjamkan kepada pihak lain. Tidak boleh untuk membiayai kegiatan yang tidak menjadi prioritas sekolah dan memerlukan biaya besar, misalnya studi banding, studi tour dan sejenisnya.

Dilarang menggunakan Dana BOS untuk membiayai kegiatan yang diselenggarakan oleh UPTD Kecamatan/ Kabupaten/kota/Provinsi/Pusat, atau pihak lainnya, walaupun pihak sekolah tidak ikut serta dalam kegiatan tersebut.  Sekolah hanya diperbolehkan menanggung biaya untuk siswa/guru yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Tidak boleh digunakan untuk membayar bonus dan transportasi rutin untuk guru, membeli pakaian / seragam bagi guru/siswa untuk kepentingan pribadi (bukan inventaris sekolah). Jangan digunakan  untuk rehabilitasi, atau membangun gedung/ruangan kelas.  Tidak boleh membeli bahan/peralatan yang tidak mendukung proses pembelajaran pakai dana BOS. Dan tentu saja Dana BOS dilarang untuk menanam saham.  

Demikian juga Dana BOS tak boleh dipakai untuk iuran perayaan hari besar nasional, keagamaan, sosialisasi pendampingan program dan sebagainya. Jika ada penyelewengan atau penyimpangan penggunaan Dana BOS untuk hal hal di atas, maka masyarakat diharap melaporkan kepada Dinas Pendidikan setempat. Demikian disarikan merujuk pada Permen Keu No. 201/PMK.07/2011 tentang Pedoman Umum dan Alokasi BOS, Permendikbud No. 51/2011 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS  dan Laporan Keuangan BOS Tahun Anggaran 2012 dan Permendagri No 62 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pengelolaan BOS (*)
Editor: Iswidodo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas