Senin, 22 Desember 2014
Tribun Batam

Ini Pertanyaan Yang Sering Muncul Terkait e-KTP

Jumat, 13 Juli 2012 18:49 WIB

Ini Pertanyaan Yang Sering Muncul Terkait e-KTP
Tribun Batam/ Istimewa
Ilustrasi proses rekaman data e-KTP
Laporan Tribunnewsbatam.com, Nazarrudin Napitu

Hallo Disduk, apa perbedaaan dan kelebihan KTP lama dengan e-KTP? Kemudian apabila KTP telah mati, apa bisa saya langsung urus e-KTP. Mohon penjelasannya dan terimakasih.
pengirim : 082166079xxx


Terimakasih atas pertanyaannya, terdapat beberapa perbedaan antara KTP lama dengan e-KTP. Di KTP lama hanya tercantum nama, tempat tanggal lahir, agama, alamat dan golongan darah, sedangkan e-KTP selain data penduduk tersebut, juga ditambah dengan foto sidik jari, iris mata, foto tanda tangan yang bersangkutan secara elektronik.

Sementara jika dilihat dari fisiknya, KTP lama terbuat dari kertas Security, sedangkan e-KTP terbuat dari bahan plastik yang didesain seperti kartu ATM yang memiliki semacam chip berisikan data didalamnya.

Adapun manfaat atau kelebihan e-KTP yaitu, selain digunakan sebagai Kartu Tanda Penduduk (KTP), manfaat dari e-KTP yaitu dapat meminimalisirkan identitas ganda dan KTP palsu. Karena di dalam kartu telah direkam data biometrik sidik jari telunjuk penduduk,  iris mata dan gambar tanda tangan penduduk. Semua data itu disimpan dalam chip yang tertanam dalam kartu sebagai alat penyimpan data secara elektronik, dan alat pengamanan data (security) baik secara pembacaan, penyimpanan data maupun secara transfer data. e-KTP terkoneksi, online dan bisa dilihat melalui internet, datanya lebih akurat dari penjumlahan penduduk, mendukung pemiliu 2014, dan e-KTP berlaku diseluruh Indonesia.

Untuk mengurus e-KTP berdasarkan undangan yang telah dibagi sebelumnya dari kecamatan melalui pihak kelurahan dan RT/RW masing-masing. Dengan membawa KTP siak saudara yang masih berlaku, jika tidak berlaku lagi silakan saudara mengurusnya terlebih dahulu sebab, atau untuk lebih jelasnya silakan menghubungi pihak kelurahan atau Kecamatan tempat saudara.

Apabila saudara belum merasa mendapat undang untuk pembuatan e-KTP dari pejabat RT/RW atau Kelurahan kami berharap saudara sabar, mungkin saja masih dalam proses antrean. Sebab, tidak mungkin dalam waktu singkat semua penduduk se-Kelurahan di undang sekaligus dalam program e-KTP tersebut. Jadi, kami harap saudara sabar, sistem undangan tersebut dibuat tak lain adalah lebih pada untuk mengatur agar program e-KTP tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tertib. 

Dan jika dirasa kurang jelas, saudara dapat mengunjungi kantor kelurahan tempat saudara, saudara dapat menanyakan langsung kepada pihak kelurahan menganai pembuatan e-KTP tersebut, sebab di kelurahanlah yang mengatur semua jadwal giliran pembuatan e-KTP. Dan perlu diketahui, dalam pembuatan e-KTP tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu, terimakasih.

Sadri Khairuddin
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam

Editor: Iswidodo

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas