A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

KPU Kepri Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2014 - Tribun Batam
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribun Batam

KPU Kepri Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2014

Sabtu, 11 Agustus 2012 20:52 WIB
TRIBUNNEWSBATAM, TANJUNGPINANG - Pemilihan Umum (Pemilu) adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menghadapi Pemilihan Umum Tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Tahapan Pemilu 2014 dimulai sejak Sabtu (9/6) lalu.

Hal ini berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang pemilu Anggota DPR,DPD, dan DPRD, tahapan penyelenggaraan Pemilu dilaksanakan paling lambat 22 (dua puluh dua) bulan sebelum hari pemungutan suara (pasal 4 ayat (5)).

Supaya tahapan Pemilu 2014 ini dapat difahami oleh seluruh masyarakat, baik oleh penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun seluruh stake holder terkait lainnya, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau, Senin (13/8) menyelenggarakan Sosialisasi Tahapan Pemlu 2014 di Hotel Harris Batam Centre.

Untuk itu KPU Kepri mendatangkan pembicara dari KPU Pusat Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP., M.Si dan Ketua Bawaslu Pusat Dr. Muhammad, S.IP., M.Si.

Menurut Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau, Den Yealta, kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB sampai Pukul 15.00 WIB dengan peserta, anggota KPU Kabupaten/Kota, pengurus Partai Politik, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Kesbangpol Linmas Kabupaten/Kota, Kepolisian, Ormas/OKP, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan stake holder lainnya.

Dikatakan oleh Den Yealta, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun masyarakat tentang tahapan-tahan pemilu 2014 .

"Kita berharap dengan dilakukan sosialisasi ini, semua pihak memahami apa saja tahapan pemilu 2014 dan harapan kita tentulah pelaksanaan Pemilu 2014 menjadi lebih baik lagi dari pemilu-pemilu sebelumnya, ujar Den Yealta dalam rilis yang diterima Tribun.

Selain menyampaikan  tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 yang tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2012, juga ditambah dengan verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu.

Ada beberapa persyaratan baru sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 2 tahun 2011 tentang Partai Politik dan Undang-undang Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilihan Umun Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Yakni menyaratkan partai politik itu bisa mengikuti Pemilu bila memenuhi syarat-syarat  yang ditentukan, diantaranya adalah verifikasi faktual kepengurusan di tingkat  provinsi  100 persen, pengurusan faktual di kabupaten kota mencapai 75 persen, dan di kecamatan 50 persen.
Editor: Iman Suryanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas