Sosial

Rudi Ajak Fotografer Diving ke Pulau Abang

Spesies karang pun sangat beragam, dan sebagian termasuk jenis spesies langka, seperti di kawasan laut Pulau Abang di Kecamatan Galang.

Rudi Ajak Fotografer Diving ke Pulau Abang
Tribunnews Batam/ Istimewa
Diving
Laporan Tribunnews Batam, Kartika Kwartya

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM - Ekosistem laut nusantara diisi beragam kekayaan hayati bahkan ribuan spesies ikan menghuni terumbu karang laut Indonesia.

Spesies karang pun sangat beragam, dan sebagian termasuk jenis spesies langka, seperti di kawasan laut Pulau Abang di Kecamatan Galang.

"Di Pulau Abang ini terdapat Blue Coral yang langka. Makanya kawasan ini termasuk yang berpotensi dijadikan lokasi wisata bahari," kata Kabid Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Rudi Panjaitan, Sabtu (29/9).

Untuk mempromosikan kawasan wisata bawah laut ini tak lepas dari peran media massa. Agar promosi bisa lebih optimal, awak media harus bisa melihat secara langsung kondisi di perairan Pulau Abang.

Oleh karena itu, Disparbud Batam mengajak rekan-rekan media khususnya yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Batam untuk berlatih Scuba diving. Untuk bisa mengabadikan suasana bawah laut dalam sebuah kamera, perlu keahlian khusus.

Pelatihan ini diadakan Disparbud dengan menggandeng Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Kehutanan. Instruktur dari Dinas KP2K, Hamdayani mengatakan ketenangan di dalam air sangat penting.

"Apalagi kalau kita sudah di laut, jangan grasa-grusu. Harus tenang. Makanya perlu dilatih terlebih dulu di kolam," tambah instruktur lainnya, Ramses, di sela-sela Latihan Keterampilan Kolam di Hotel Vista.

Sebanyak 10 pewarta baik foto maupun tulis, mengikuti pelatihan itu. Semua wartawan terlihat antusias mengikuti pelatihan, mulai dari penjelasan materi oleh instruktur, sampai praktik selam.

Setelah para pewarta dinyatakan cukup mahir untuk turun, pelatihan akan dilanjutkan langsung ke perairan Pulau Abang.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved