Sosial

Besok Vihara Guna Vijaya Diresmikan

Khusus Untuk Pendidikan Agama Budha

Laporan Tribunnews Batam, Dedy Suwadha

TRIBUNNEWSBATAM, TRIBUN - Jika tidak ada aral melintang, Vihara Guna Vijaya akan diresmikan oleh Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, pada Rabu (12/12/2012).

Kehadiran Vihara yang sejak tahun 2009 mulai dibangun ini bertujuan atau maktab untuk pendidikan siswa beragama Budha mulai tingkat dasar hingga sekolah menengah atas.

Vihara Guna Vijaya itu sendiri, hadir dibawah yayasan Theravada Sakyaputta. Selain melakukan peresemian juga akan digelar Rapat dewan pimpinan Sangha Theravada Indonesia yang dihadiri para Bhikkhu Pembina dari seluruh Indonsia.

"Vihara ini terletak di lokasi di kawasan Pinang Rasa, Tanjungpinang. Lokasi berdekatan dengan sejumlah tempat hiburan. Setelah sejak Juni 2009 dibangun, baru tanggal 12-12 tahun 2012 ini diresmikan," ungkap Pandita Madya Suni, Pantia Persemian Vihara didampingi ibu Titin, Ketua Yayasan Theravada Sakyaputta.

Vihara ini selain untuk tempat ibadah, tambahnya, juga untuk tempat pendidikan siswa sekolah yang disekolahnya tidak ada guru agama Budha. Kami ada satu Bhikkhu Pembina yaitu Bhikkhu Guttadhammo Thera yang nanti akan membina umat.

Selain mengundang walikota Tanjungpinang, juga akan hadir  Ketua Walubi Kepri, Hengky Suryawan dan Budi Setiawan Pengusus Walubi Pusat.

Sunni yang juga anggota Forum Komunikasi Umat di Kota Tanjungpinang ini, menjelaskan pembangunan dan pengembangan Vihara ini menghabiskan dana Rp 3 miliar.  

Selain di Tanjungpinang, Vihara dalam yayasan Theravada ini juga ada di Batam dan kota kabupaten lainnya di Kepri.

"Ciri khas dari vihara kami disini ada Tugu Osaka. Sedangkan untuk fasilitas umat mampu menampung 250 umat beribadah bersama. Selain itu, di vihara kami mendapat bantuan dana dari Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk membeli kita Tipitaka yang didatangkan langsung dari Srilanka,"ujar Suni.

Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved