• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Batam

Jumlah Penerima Raskin Turun 4 Persen

Minggu, 20 Januari 2013 09:23 WIB
Jumlah Penerima Raskin Turun 4 Persen
Tribunnews Batam / Istimewa
Beras Raskin dari Bulog. Foto Ilustrasi

Laporan Tribun Batam, Rachta Yahya

TRIBUNBATAM, KARIMUN
- Penerima bantuan beras miskin atau raskin di Kabupaten Karimun akan menurun jumlahnya pada 2013 ini. Untuk tahun 2012 penerima raskin berjumlah 8.938 rumah tangga miskin (RTM), sementara pada tahun 2013 ini turun menjadi 8.579 RTM atau terjadi penurunan sekitar 359 RTM atau sekitar 4 persen.

Namun begitu, Herwansyah, Kepala Bagian Perekonomian Setkab Karimun belum berani mengumumkan penurunan tersebut.

Herwansyah lebih memilih untuk menunggu surat keputusan (SK) Pagu Gubernur Kepri dan SK Tim  Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TMP2K).

"Informasinya seperti itu (turun sekitar 4 persen) tapi kami belum berani mengiyakannya. Kami akan tunggu SK Pagu pak Gubernur dan SK TMP2K dulu. Kalau sudah ada keduanya, baru lah kami bisa komentar ke media," ujar Herwansyah, Kamis (17/1) lalu.

Meski begitu, Herwansyah mengatakan definisi miskin itu setiap daerah mungkin berbeda. Kemiskinan di pulau Jawa mungkin tidak sama dengan maksud miskin yang ada di Karimun atau Provinsi Kepri.

Namun begitu, apa yang digariskan pemerintah pusat atau provinsi terkait angka kemiskinan di Karimun, pihaknya akan siap berkoordinasi.

"Pemerintah memiliki komitmen angka kemiskinan akan terus ditekan hingga tahun 2014 mendatang. Saya juga melihat program-program pemerintah selama ini bisa dikatakan cukup berhasil," katanya.

Mengenai detail penurunan tersebut, Herwansyah mengaku belum tahu terjadi di kecamatan mana saja. Hal itu baru akan diketahui setelah SK TMP2K dia terima. Itu mengingat, pada SK TMP2K tersebut biasanya disebutkan dengan jelas kecamatan-kecamatan mana saja yang mengalami penurunan jumlah penerima raskin.

"Biasanya data TMP2K itu baru kita tahu daerah-daerah mana saja yang mengalami penurunan jumlah penerima raskin. Kemungkinan Februari sudah dikirim ke kita," kata Herwansyah.

Terkait jumlah kuota raskin, Herwansyah mengatakan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni 15 kilogram per RTM. Harga yang dipatok pun masih sama yakni sekitar Rp 24 ribu per 15 kg atau sekitar Rp 1. 600 per 1 kg.

Herwansyah juga mengatakan begitu SK Pagu Gubernur dan TMP2K diterima, pihaknya segera menggelar rapat koordinasi dengan pihak kecamatan dan Bulog terkait penyaluran raskin di Kabupaten Karimun tahun anggaran 2013 tersebut.

"Termasuk penyaluran raskin di daerah pemekaran. Apakah nanti masih dilakukan pihak Kecamatan atau Kelurahan induk atau pemekaran, akan diketahui pada saat rapat koordinasi itu nanti," tutup Herwansyah.
Editor: Iman Suryanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
58452 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas