Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Batam

Varian Daihatsu Ayla Diprediksi Keluar Pada April 2013

Selasa, 5 Februari 2013 21:53 WIB

Varian Daihatsu Ayla Diprediksi Keluar Pada April 2013
Tribun Batam/net
DAIHATSU AYLA - Mobil murah keluaran Daihatsu ini menjadi produk yang ditunggu oleh masyarakat. Launching sudah bahkan yang inden pun ribuan. Dipredikasi bulan April 2013, mobil Low Cost Green Car (LCGC) segera dikeluarkan.
PALEMBANG, TRIBUNNEWS.COM - Mobil murah namun elegan Daihatsu Ayla saat ini ditunggu masyarakat. Launching sudah bahkan yang inden pun ribuan, namun Ayla tak kunjung keluar dari diler. 

Masyarakat terutama yang sudah inden bertanya kapan mobil Low Cost Green Car (LCGC) segera dikeluarkan. 

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra ketika menjadi pembicara dalam Media Forum Daihatsu di Hotel Arista, Selasa (5/2/2013) mengatakan, Ayla ini sedang menunggu keputusan  Presiden. 

Ia menjelaskan, per 21 Januari lalu, kebijakan mengenai mobil murah ini sudah disetujui. Saat ini prosesnya tinggal menunggu persetujuan secara tertulis. 

Setelah peraturan itu ditulis maka akan disodorkan kepada kementerian terkait. Setelah persetujuan tersebut diparaf oleh kementerian terkait, hasilnya akan ditandatangani Presiden. 

"Jika dihitung-hitung, apabila prosesnya berjalan lancar, maka Ayla mulai bisa dipasarakan di bulan April 2013," jelasnya. 

Sebagai tanda kesiapan Daihatsu dalam mengeluarkan Ayla, pihaknya telah membangun sebuah pabrik di Karawang khusus untuk memproduksi Ayla. 

"Sekarang pabrik itu sementara kami gunakan untuk memroduksi mobil Daihatsu Xenia hingga regulasinya keluar," jelas Amelia.

Lanjutnya, apabila keputusan itu kelar dan Ayla dapat dipasarkan, maka akan berpengaruh terhadap penjualan unit Daihatsu. 

Amelia memaparkan penjualan produk Daihatsu mengalami pertumbuhan sebesar 17 persen di mana penjualan keseluruhan di tahun 2012 mencapai 162.742 unit. 

Ini melebihi penjualan di tahun sebelumnya yang hanya 139.544 dengan MPV All New Xenia sebagai penopang penjualan dengan sumbangsih 45 persen dari keseluruhan penjualan unit.

"Dengan hasil tersebut Daihatsu menduduki posisi kedua dalam market share secara nasional. Pencapaian ini sudah kami pertahankan sejak 4 tahun belakangan," ujar Amelia. 

Bicara mengenai prediksi penjualan di tahun 2013 pihaknya memerkirakan penjualan tidak akan terlalu berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. 

Hal ini dikarenakan adanya berbagai kebijakan yang mungkin akan berdampak pada penjualan produk otomotif. 

Kebijakan tersebut antara lain penetapan uang muka sebesar 30 persen yang juga akan dilakukan pada perbankan syariah. Selain itu kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan isu kenaikan BBM juga ikut berperan. 

Sementara itu, Divisi Marketing & CS PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, walau banyak hambatan, Daihatsu dapat menanggulanginya dengan berbagai cara. 

Seperti mengeluarkan produk baru termasuk Ayla dan mengadakan program hadiah seperti PUAAS (Pilih Uang Atau Emas) periode Januari hingga April 2013. 

"Dengan program ini terbukti dapat mendorong penjualan, bahkan pada Januari tahun ini sudah terjual sekitar 14 ribu unit. Tidak seperti tahun-tahun biasanya,"jelas Hendrayadi.

Selain memberikan program spesial kepada konsumen untuk mempertahankan pencapaiannya tersebut Daihatsu akan memperkuat fasilitas purna jual dengan menambah 5 outlet di tahun 2012 menjadi 196 outlet dengan dilengkapi 198 bengkel dan 3032 sparepart outlet di seluruh Indonesia. 

"Ditahun 2013 kami berencana menambah 11 outlet baru sehingga jumlah outlet menjadi 207 outlet," paparnya.

Per Januari 2013 Daihatsu telah melakukan penyesuaian tarif baru pada keenam produk Daihatsu. Penyesuaian harga ini dilakukan pada kisaran Rp 1,5 juta sampai Rp 4 juta, dengan kenaikan terendah pada produk Sirion dan tertinggi pada produk Terios.

Sedangkan untuk produk backbound Daihatsu Palembang Xenia mengalami kenaikan sebesar Rp 3,5 juta. Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan penyesuaian harga ini dilakukan akibat kenaikan pajak balik nama.

"Penyesuaian selalu dilakukan Daihatsu sekali setahun dan tidak pernah dilakukan di saat tahun berjalan," jelasnya. (Tribun Sumsel/rha)
Editor: Candra P. Pusponegoro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas