• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Batam

Jembatan I Dompak Model Gantung Bakal Mirip Barelang Batam

Jumat, 22 Februari 2013 22:44 WIB
Jembatan I Dompak Model Gantung Bakal Mirip Barelang Batam
tribunnewsbatam.com/iswidodo
TERBENGKALAI- Proyek Jembatan I yang menghubungkan Tanjungpinang dengan Pulau Dompak terbengkalai sejak 2010. Rencananya 2013 akan dilanjutkan pembangunannya dengan desain model gantung seperti jembatan Barelang.
Laporan Tribunnews Batam, Thomlimah Limahekin

TRIBUNNEWSBATAM.COM, TANJUNGPINANG-
Keinginan masyarakat untuk memiliki jembatan yang panjang dan eksotik menghubungkan Tanjungpinang dengan Pulau Dompak bakal terwujud. Hal itu menyusul penegasan Gubernur Kepri HM Sani untuk melanjutkan pembangunan Jembatan I Pulau Dompak dengan meneruskan proyek yang sudah ada namun disertai revisi desain.

Menurut Kepala Dinas PU Kepri Heru Sukmoro, pembangunan Jembatan I Pulau Dompak dipastikan dilanjutkan.  Namun, tipe jembatan tersebut akan diubah dari tipe jembatan 2 tingkat (desain lama) menjadi tipe cable stayed atau jembatan gantung.

"Memang jembatan itu akan dilanjutkan. Konstruksi yang ada sekarang itu, sekitar 90 persennya masih bisa digunakan lagi. Tetapi tipe jembatan itu akan dirubah dari jembatan 2 tingkat menjadi cable stayed. Jadi, bentuk jembatannya sama seperti jembatan Barelang," ujar Heru Sukmoro, kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kepri, beberapa waktu lalu.

Pengubahan tipe jembatan itu didasarkan pada pertimbangan konstruksi bangunan yang ditinggalkan saat ini. Kondisi bangunan yang terbengkelai selama ini hanya bisa digunakan untuk menyanggah jembatan bertipe cable stayed, bukan jembatan bertipe 2 tingkat. Cable stayed adalah tipe jembatan altelnatif yang direkomendasikan LAPI, apabila Pemprov Kepri mau melanjutkan pembangunan jembatan yang telah terbengkalai sejak 2010 silam.

Gubernur memilih untuk melanjutkan Jembatan I setelah mendapat rekomendasi dari Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB beberapa waktu lalu. Rencananya jembatan ini dibangun dengan nuansa khas Melayu yang menjadi ikon atau identitas daerah. Proyek semula Jembatan I sepanjang 1,4 kilometer menghubungkan Pulau Dompak (Kantor Ibukota Kepri) dengan Jalan Wiratno depan Ramayana di Tanjungpinang.
 
Progres hingga kini jembatan I Dompak masih sepanjang 150 meter saja dari total 1,4 kilometer. Rencananya akan dilanjutlan lagi menggunakan APBD Perubahan 2013.  Pengerjaannya sejak 2007 hingga 2010 sudah menyerap anggaran Rp 200 miliar lebih.

Menurut Heru, desain lama adalah 2 tingkat yang terdiri dari lintasan atas untuk kendaraan dan ada lintasan pejalan kaki. Model seperti itu berat dan tidak memungkinkan dengan penyangga yang ada saat ini. Maka sebagai solusinya  konstruksi bangunan dipilih tipe cable stayed. Tentu ada pergantian beberapa kontruksi yang tak bisa dipakai lagi.  Dengan demikian, perubahan desain dari model lama ke desain baru bisa mengurangi anggaran. (*)
Editor: Iswidodo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
68741 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas