PRAHARA DEMOKRAT

Demokrat Segera Gelar Kongres Luar Biasa Pilih Pengganti Anas

Majelis Tinggi Partai Demokrat akan mempersiapkan Kongres Luar Biasa untuk memilih pengganti Anas Urbaningrum.

TRIBUNNEWSBATAM.COM, JAKARTA- Kini wacana digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) kian menguat. Max menuturkan bahwa Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) akan mempersiapkannya. Agendanya tak hanya memilih pengganti Anas, tapi juga perombakan pengurus Demokrat. "Bisa saja untuk ketua umum saja, tapi tergantung kebutuhan, memang tujuannya untuk perombakan," jelas Max.

Pandangan senada disampaikan Ketua DPP PD Sutan Bhatoegana. Sutan menuturkan, akan dilakukan sejumlah perombakan di internal Demokrat di KLB nanti. Kader yang terindikasi nakal dan tersangkut kasus hukum akan diganti.

"Kita akan menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat. Jadi bagian dari rangkaian pembenahan partai, mengembalikan kepada prinsip perilaku bersih, cerdas, dan santun. Kalau tidak setuju dipersilakan keluar," kata Sutan.  

Menurutnya, KLB akan dilaksanakan bulan depan. Alasannya, Demokrat butuh nahkoda baru yang bersih.

Nama-nama calon pengganti Anas pun mulai bermunculan. Ada yang menyebut Ibas sebagai calon paling pas dan ada yang menyebut Marzuki Alie, Jero Wacik atau Syarif Hasan menjadi calon paling tepat.

Politisi Demokrat Ruhut Sitompul  berulangkali menyebut Ibas paling pas untuk menggantikan Anas. Alasannya, Ibas saat ini sudah menjabat Sekjen dan sudah saatnya Ibas memimpin Demokrat. Ketua DPP Partai Demokrat Umar Arsal menyebut, Marzuki dan Ruhut Sitompul paling pas untuk menggantikan Anas. Menurutnya, AD/ART Partai Demokrat memberi kesempatan kepada kader Demokrat untuk mencalonkan ketua umum dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi.  "Kita serahkan kepada pemilik suara dari DPC dan DPD," kata Umar.

Namanya diusung menjadi calon, Ruhut merendah. Menurutnya, pengganti Anas tidak jauh-jauh dari silsilah keluarga SBY. "Pastinya tak jauh dari keluarga-lah," ujar Ruhut. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved