Anas Sebut 4 Nama Baru Terlibat Kasus Bailout Century

Anas Urbaningrum menyebut 4 nama baru yang diduga terlibat kasus bailout Century.

TRIBUNNEWSBATAM.COM, JAKARTA- Di tengah obrolan, Anas tiba-tiba langsung menyebut beberapa nama yang diduga tahu soal aliran dana Century. Pernyataan Anas untuk menjawab Hendrawan. Apa yang disampaikan Anas terhadap empat nama ini cukup logis, meski sejauh ini tidak pernah masuk dalam sentrum pembahasan Century.

"Informasinya Mas Anas ini belum spesifik. Dalam arti, dari sisi kebaruan oke, dari segi relevansi oke, tapi dari segi spesifik, seperti tanggal dan seterusnya tidak ada. Karena itu kami masih harus mendalaminya lagi," ungkap Hendrawan karena nama-nama itu pula harus membongkar seluruh file lama soal Century.

Hendrawan mengakui, semua orang tahu tentang panalangan (bailout) Century, dan kemajuan itu ada setelah KPK menetapkan dua pejabat di lingkaran Bank Indonesia yakni Siti Fadjrijah dan Budi Mulia. Kendati proses hukum mengalami kemajuan di tangan KPK, tapi skandal Century masih misteri khususnya soal aliran dananya.

Politisi PDI Perjuangan ini enggan membeberkan keempat nama yang dimaksud Anas. Ia mengaku, sudah komitmen bersama antara anggota Tim yang mendatangi Anas tidak akan membeber nama-nama yang dimaksud sebelum waktunya. Tapi Hendrawan memberi celah, keempat nama itu jauh dari episentrum skandal Century, yakni pejabat BI. Nama-nama bukan pejabat BI.

"Dari keempatnya, satu dari pemerintahan dan sisanya dari partai politik.  Sebenarnya ada lima nama yang disebut, tapi yang satu sudah meninggal. Bahkan enam, tapi yang relevan dengan Century itu lima. Semua nama itu selama ini kita pandang sambil lalu saja, dan kita tidak berpikir jauh ke sana," ujar Hendrawan.

Anggota Timwas lainnya, Ahmad Yani mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, Anas menyebut hal baru, khususnya mengenai nama-nama baru yang terkait dengan kasus Bank Century. "Ada beberapa nama lah yang disebutnya. Empat atau lima nama yang nama-nama ini belum pernah kita deteksi juga sebelumnya," ucap Yani saat ditemui di kompleks Gedung DPR.

Sayangnya Yani enggan menyebutkan siapa-siapa nama baru yang diungkapkan Anas dalam pertemuan dua setengah jam itu. "Yang jelas profesinya macam-macamlah," ujar Yani.
Menurutnya, nama-nama baru yang disebutkan Anas itu akan didalami lagi oleh timwas Bank Century. "Kami akan croscek. Karena Anas mengingatkan kita kembali dengan alat bukti yang seharusnya kita tindaklanjuti itu alat bukti itu," jelasnya.

Alat bukti itu sendiri, kata dia, selama ini sudah ditemukan oleh timwas pada saat Hak Anget bergulir. Namun luput dari perhatian timwas Century. Karenanya, berkat bantuan Anas itu, timwas akan kembali mengecek alat bukti itu dan melihat keterkaitan nama-nama baru yang dikatakan Anas. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved