Yang Harus Dilakukan Jika Berulangkali Tes TOEFL Tak Lulus

Apabila beberapa kali mengikuti ujian TOEFL tidak lulus atau nilai di bawah standar, apakah tes harus diulangi kembali?

Pertanyaan:

Berulangkali Tes TOEFL Tak Lulus

Selamat pagi Tribun Batam, sebenarnya berapa nilai standar ujian untuk mendapatkan sertifikat TOEFL? Apabila beberapa kali mengikuti ujian TOEFL tidak lulus atau nilai di bawah standar, apakah tes harus diulangi kembali? Mohon solusi dan penjelasannya?
Pengirim: +6281371187xxxx

Jawaban:
 
Standar Skor Lulus Tes TOEFL 550

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Test of English as Foreign Language (TOEFL) pada umumnya diperlukan untuk persyaratan memasuki kuliah ke luar negeri atau dalam negeri. Hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada mewajibkan calon mahasiswanya memiliki sertifikat TOEFL. Ini berlaku untuk program undergraduate (S-1) atau graduate (S-2) dan post graduated (S-3). Selain itu, hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang ingin kuliah ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa, Australia, dan Asia.

Secara umum, tes TOEFL berorientasi kepada American English dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS (International English Language Testing System) atau TOEIC (Test of English for International Communication) yang berorientasi kepada British English. Ujian TOEFL membutuhkan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam empat  bagian. Di antaranya listening comprehension, grammar structure, written expression, reading comprehension, dan writing. Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara 310 (minimum) hingga 677 (maximum) untuk versi PBT (paper based test).

Sedangkan standar nilai tes the International English Language Testing System (IELTS) adalah 6,5 dan Test of English for International Communication (TOEIC) 600. Untuk standar nilai itu tergantung kepada institusi mana yang memintanya. Apabila universitas meminta Anda meraih skor TOEFL minimal 550, maka Anda harus lulus tesnya. Jika belum lulus diwajibkan untuk mengikuti ujian ulang. Agar bisa lulus ujian TOEFL, Anda harus sering berlatih soal-soal bahasa Inggris, baik penulisan, pendengaran, percakapan, dan materi lainnya yang berkaitan dengan TOEFL. Demikian penjelasan dari kami.

Eric Sulindra Widjojokoesoemo
Kepala Pusat Bahasa Universitas Internasional Batam (ULC Centre)

Editor: Candra P. Pusponegoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved