Kosmetik Ilegal Marak Dijual Melalui Sistem Online

Penjualan produk kosmetik melalui sistem online sedang tren.

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BANDUNG - Penjualan produk melalui online sedang tren. Cara ini dinilai cukup mudah meski sebenarnya harus hati-hati karena bisa saja produk yang ditawarkan palsu atau ilegal.

"Penjualan online menjadi salah satu sumber masuknya produk-produk ilegal, baik dari dalam negeri maupun luar negeri," kata Kepala Badan POM RI, Lucky S Slamet.

Menurut Lucky, dari tahun ke tahun ditemukan banyak situs penjualan kosmetik ilegal, termasuk situs obat seks. Pada tahun 2011 ditemukan 11 kasus, 2012 ditemukan 84 kasus, dan hingga bulan Maret 2013 sudah ditemukan 30 situs permen cinta. Karena itu, Badan POM bekerja sama dengan Kominfo untuk melacak situs-situs online ini serta bekerja sama dengan Dirjen Bea Cukai.

"Situs online yang menjual produk ilegal ini tentu merugikan masyarakat. Dan biasanya juga penjual kosmetik ilegal memiliki jaringan seperti multilevel marketing," katanya.

Karena itu, ujarnya, diharapkan pula informasi dari masyarakat yang bisa memberikan informasi ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen BBPOM Bandung. Selain itu, diharapkan masyarakat waspada dan lebih cerdas sebelum membeli produk.

Pastikan produk tersebut legal dengan tercantum nomor register, tanggal kedaluwarsa, serta komposisi atau kandungan dari produk.

Jika dokter yang mengeluarkan obat untuk kosmetik, Lucky menegaskan itu adalah kewenangan dokter. Namun yang tidak boleh ketika obat/kosmetik tersebut dikomersialkan tanpa izin karena sudah ada undang-undang yang mengatur peredaran suatu produk.

"Karena itu BPOM juga sudah melakukan pertemuan dengan Perdoska, salah satunya untuk taat asas. Karena pendaftaran tidak sulit kok, bisa melalui online," katanya. (tribun jabar/tif)

Data Kosmetik Legal Menurut BBPOM Bandung:

Progesteron L-Cream- pabrik Profesional Compounding Center of America)
Progesteron B-Cream- pabrik idem
Testoteron 2%- pabrik idem
BIO Sliming-  pabrik idem
SOIN Mandarin- pabrik Made in France
Brightening- pabrik Formulated in USA
Serum Gold- pabrik (tidak tercantum)
Vit C Ampul- pabrik (idem)
OPEN PORE Amp- pabrik (idem)
Redoxon Amp- pabrik NV Roche S A-Brussels
Whitening Oxy- pabrik Erfolg GmbH Germany
Oxy Derma- pabrik idem
INNO TDS Anti Aging- pabrik Laboratory Innoseach Spanyol
INNO TDS Vit Complex- pabrik idem
INNO Peel Whitening 15 ml- pabrik idem
KOJIC ACID- pabrik Kyowa Hakko Kirin Co Ltd Japan
Puremed RENEWINE- pabrik made in Italy
Lidocain Cream- pabrik BIO Inovation Holding Limited Korea

Editor: Candra P. Pusponegoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved