• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Batam

Inilah Alasannya Mengapa Rute Pesawat Jogja-Batam Minim

Rabu, 24 April 2013 14:17 WIB
Inilah Alasannya Mengapa Rute Pesawat Jogja-Batam Minim
Tribunnews.com
ILUSTRASI - Pesawat Sriwijaya Air
Pertanyaan:

Rute Pesawat Jogja-Batam Minim

Selamat pagi Tribun, saya ingin menanyakan kenapa untuk layanan penerbangan Batam Jogja hanya dilayani minim maskapai sehingga menyebabkan harga tiket mahal? Apakah tidak ada maskapai lain yang bersedia menerbangkan penumpang dari Batam ke Jogja, padahal Jogja merupakan kota wisata dan pelajar yang cukup ramai? Beda sekali sama rute penerbangan Batam ke Surabaya yang dilayani lebih dari satu maskapai? Sebentar lagi masuk waktu liburan dan lebaran. Mohon penjelasannya?
Pengirim: +628136470xxxx

Jawaban:

Rute Penerbangan Hak Maskapai

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Bandar udara atau bandara saat ini bukan hanya sebagai tempat pemberangkatan dan pendaratan pesawat, naik turunnya penumpang, dan lalulintas barang atau kargo. Bandara sudah menjadi suatu kawasan yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan wilayah di sekitarnya. Sehingga penataan dan pengelolaan di sekitar menjadi prioritas utama.

Sebagaimana yang kita ketahui, bandara adalah salah satu unsur yang sangat vital, karena bandara adalah penghubung antara kota-kota di Tanah Air dan dunia internasional. Sehingga pengelelolaannya dilakukan secara profesional. Dalam rutinitasnya, aktivitas di lokasi berdasarkan kepada usaha yang efektif dan efisien. Termasuk penyediaan rute-rute penerbangan domestik dan internasional.

Untuk menghubungkan jalur-jalur antarkota di wilayah Tanah Air, pihak maskapai memiliki ukuran dan kajian tersendiri. Mereka akan mengalkulasi jumlah calon penumpang, kebutuhan, dan dukungan lainnya. Pihak bandara hanya menyediakan fasilitas dan sarana untuk kegiatan tersebut. Kami membuka peluang itu, artinya sebisa mungkin seluruh penerbangan antarkota dalam negeri bisa dilayani melalui Bandara Hang Nadim.

Tentu saja kami sangat mendukung keputusan maskapai yang membuka rute-rute baru untuk menghubungkan kota-kota di dalam negeri atau luar negeri. Hanya saja, untuk memenuhi penerbangan rute-rute tertentu diserahkan kepada pihak maskapai yang sudah memiliki survei, kajian, dan lainnya. Dengan kata lain, ketersediaan penerbangan yang ada sekarang ini sudah dikaji dan dihitung dengan konsep manajemen yang efektif dan efisien. Demikian.

Dendi Gustinandar
Kepala Bidang Komersil Bandara Hang Nadim Batam
Editor: Candra P. Pusponegoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
78441 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas