Selasa, 21 April 2015

Pensiun dari Wakil Wali Kota Batam, Ria Urusi Masalah Listrik

Kamis, 25 April 2013 19:30

Pensiun dari Wakil Wali Kota Batam, Ria Urusi Masalah Listrik
TRIBUNNEWSBATAM.COM/ARGYANTO
Ir H RIA SAPTARIKA, mantan Wakil Wali Kota Batam

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Ria Saptarika, mantan Wakil Wali Kota Batam menjabat ketua umum Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN) wilayah khusus Batam.

Kepengurusan Ria dan 4 rekannya dalam lembaga independen itu untuk masa 4 tahun kedepan, dilantik langsung Edi Sayudi, ketua umum DPP Badan Pelaksana PPILN.

Tak hanya pengurus yang dilantik, Edi juga melantik Badan Pelaksana PPILN wilayah khusus Batam yang terdiri dari 5 orang.

"Lembaga ini bertugas memeriksa instalasi listrik dengan daya mulai 450 VA sampai 197 KVA. Apakah speknya bagus, standar material, SNI. Setelah dinilai baik, baru kami mengeluarkan sertifikat layak operasi (SOP)," ucap Edi Sayudi usai pelantikan di PIH Hotel, Kamis (25/4/2013).

Keberadaan PPILN sendiri kata Edi, diatur secara tegas dalam undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. Jika aturan itu dijalankan secara benar, Edi mengatakan seharusnya PLN tidak menyalakan listrik di sebuah rumah atau gedung-gedung sebelum masyarakatnya mendapatkan SOP.

Bagi Batam sendiri kehadiran PPILN masih tergolong baru. Sebelumnya lembaga bernama konsuil, juga memiliki tugas yang sama dengan PPILN sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Kedepan, Edi meminta Ria dan kepengurusannya untuk menyosialisasikan tugas dan arti penting PPILN bagi masyarakat. Terutama untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat instalasi yang tak layak pakai.

Halaman123
Editor: Candra P. Pusponegoro
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas