Wow, Peserta Bersepeda Setengah Meter dari Jurang

Bifza Cycling Community (BCC) menyelenggarakan pertandingan downhill terbuka, sejak 14-16 Juni 2013 di track Dangas, Sekupang, Batam, Kepri.

Wow, Peserta Bersepeda Setengah Meter dari Jurang
Tribunnewsbatam.com/Iswidodo
SINGGAHI TRIBUN - Supriyanto alias Mbah Boncel (59) tampak semangat dan tertawa renyah ketika tiba di kantor Tribun Batam di Komplek MCP Batuampar, Batam, Senin (22/4/2013) siang. Pria yang sudah melanglang Indonesia dari Sabang sampai Merauke ini bersepeda keliling Indonesia untuk kali ketiga.
TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Bifza Cycling Community (BCC) menyelenggarakan pertandingan downhill terbuka, sejak 14-16 Juni 2013 di track Dangas, Sekupang, Batam, Kepri.

Benny Syahroni, panitia kegiatan mengatakan, secara keseluruhan peserta adalah laki laki. Jumlah peserta sebanyak 115 orang yang terbagi menjadi 6 kelas, yakni junior, master A, master B, master C, master D, dan men open.

Menariknya, dari ajang perdana di track Dangas ini, banyak warga negara asing ikut berpartisipasi. Ada 7 negara yang mengikuti pertandingan downhill terbuka itu. Selain Indonesia, juga diikuti peserta dari Inggris, Australia, Jepang, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

"Ada lebih kurang 60 peserta dari luar negeri, selebihnya dari Indonesia. Ini baru uji coba track pertama di Dangas, kedepan target kami menyelenggarakan Asean Master di track ini," ucap Benny, Minggu (16/6/2013) di Sekupang.

Menurutnya, track downhill di Dangas nantinya akan menjadi salah satu ikon Batam untuk olahraga downhill. Lantaran banyak digemari turis asing dari mancanegara.

Masing masing peserta akan melewati track downhill lebih kurang 1 km. Tak jarang saat menyisir track, banyak rintangan menghadang. Termasuk menjaga keseimbangan di saat lintasan sepeda hanya berjarak setengah meter dari jurang.

Lima rider yang mencatat waktu tercepat akan keluar sebagai jawara. Mereka berhak mendapatkan trophy, piagam, dan uang pembinaan.

"Total uang tunai yang kami berikan senilai Rp 30 juta, selain itu kepada 5 pemenang dari masing masing kelas akan mendapat tropy dan piagam," ucapnya sembari mengatakan ATB sebagai sponsor utama kegiatan.

Ade Mulkan, seorang rider mengatakan track downhill di Dangas cukup bagus. Pasalnya baru di track ini, menyediakan fasilitas antar jemput peserta ke lokasi track.

Hal itu membuat peserta lebih banyak menyimpan energi untuk track
sesungguhnya. "Lokasi downhill yang bagus kan memang ada fasilitas loading dan unloadingnya," ucap Ade.

Dalam kegiatan tersebut, Sjafar Oemar, Ketua Bifza Cycling Community yang juga ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia Batam, menyerahkan surat keputusan pengurus track downhill Dangas kepada Tri Novianta. (Dewi Haryati)

Editor: Candra P. Pusponegoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved