• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribun Batam

Inilah Cara Lapor Tindak Kejahatan Ke Polri

Rabu, 3 Juli 2013 20:32 WIB
Inilah Cara Lapor Tindak Kejahatan Ke Polri
Kompas/P Raditya Mahendra Yasa
Sebanyak 465 perwira Polri mengikuti upacara Pelantikan Perwira Polri tahun 2010 di Akademi Kepolisian, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/12/2010) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Pertanyaan:
 
Bagaimana Cara Melaporkan Tindak Kejahatan Ke Polri
 
Selamat pagi Tribun Batam, suatu saat saya melihat seseorang yang mencurigakan di sekitar komplek perumahan saya yang kebetulan sering terjadi pencurian. Pada saat itu saya tidak berani untuk menanyakannya dan ingin menghubungi pihak Polsek, namun saya tidak tahu nomor telepon Polsek. Lalu saya berniat menghubungi teman seorang anggota Polri yang berdinas di Polres, sayangnya saat ingin menelepon ponsel tidak ada pulsanya. Apakah saya dapat menghubungi nomor telepon Polri yang bebas pulsa? Mohon penjelasannya?

Pengirim: +628136451xxxx
 
Jawaban:
 
Anda Tinggal Menghubungi Saluran 110 Bebas Pulsa
 
Terima kasih kepada saudara yang mengajukan pertanyaan ini. Kami dari Polda Kepri memberikan apresiasi kepada saudara yang sudah peduli terhadap lingkungan. Kami mengucapkan terima kasih karena saudara telah berusaha membantu pihak kepolisian dengan berniat untuk memberikan informasi. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada tanggal 30 Januari 2013 sudah meluncurkan saluran pusat kedaruratan (Emergency Call Centre) melalui telepon 110. Nomor ini akan melayani seluruh keluhan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian atau yang berkaitan dengan tindak kriminal di wilayah Indonesia.
 
Seluruh pengaduan masyarakat akan ditampung melalui call centre Polri dan kemudian diteruskan ke Polres-polres di wilayah Indonesia. Laporan atau pengaduan tersebut ditujukan dengan harapan kepolisian bisa cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sistem layanan ini berpusat di lantai III City Walk, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan dan bebas pulsa. Saluran telepon 110 beroperasi selama 24 jam penuh dengan 100 operator yang  disiagakan untuk melayani. Masyarakat di Kepulauan Riau (Kepri) dapat menggunakan nomor 110 tersebut, baik melalui saluran telepon meja atau handphone (GSM/CDMA).
 
Apabila ingin mendapatkan pelayanan di semua bidang tugas polri, misalnya pelayanan lalu lintas, resort dan kriminal (reskrim), sabhara, dan lain-lainnya, masyarakat dapat menghubungi atau memberitahukan polisi melalui nomor 110 tersebut. Harapan kami, apabila masyarakat mengetahui, melihat, mendengar, mengalami sendiri suatu tindak pidana, melihat hal-hal yang mencurigakan atau kejadian-kejadian di bidang lalu lintas dan lain-lainnya silakan melaporkan melalui 110. Kami dari Polri berharap kepada masyarakat dapat merawat nomor 110 ini dan tidak menggunakannya untuk main-main. Terima kasih.
 
Kombes Pol Drs Hadi Purnomo MH
Direktur Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Provinsi Kepri

Penulis: Candra P. Pusponegoro
Editor: Candra P. Pusponegoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas