Kantor USJ Batam Memanas

Mobil Bos PT USJ Dibakar Karyawan

PT Usda Seroja Jaya Shipyard (USJ) di Dapur 12 Sagulung, Batam, pada Sabtu (3/8/2013 pagi masih beraktivitas normal.

Mobil Bos PT USJ Dibakar Karyawan
Tribunnewsbatam.com/Argianto DA Nugroho
Petugas sedang mengambil sidik jari di lokasi kerusakan PT Usda Seroja Jaya (USJ), Batam, pada Sabtu (3/8/2013). 

BATAM, TRIBUN - PT Usda Seroja Jaya Shipyard (USJ) di Dapur 12 Sagulung, Batam, pada Sabtu (3/8/2013 pagi masih beraktivitas normal. Namun dalam hitungan menit, perusahaan pembuat kapal itu porak-poranda.

Ratusan pekerja di PT USJ mendadak mengamuk dengan membakar mobil milik para petinggi perusahaan, memecah kaca-kaca kantor, memporak-porandakan perabot kantor dan dokumen-dokumen yang ada.

Insiden yang pecah sekitar pukul 09.40 WIB itu diduga merupakan buntut kekesalan pekerja dengan keberadaan Komite Disiplin (KD) yang arogan dalam memperlakukan para pekerja.

Berdasarkan pantauan Tribun Batam, setidaknya tujuh unit mobil rusak dan dibakar. Kantor PT USJ juga remuk, di mana seluruh kaca-kaca jendela pecah.

Tak ada korban jiwa dalam amuk pekerja ini, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Aktivitas pembuatan kapal juga terhenti.

Amuk pekerja itu berlangsung cepat. Keberadaan petugas keamanan, termasuk dua aparat kepolisian yang berjaga di tempat itu tak mampu menghadapi amarah ratusan pekerja. Mereka yang terbawa emosi langsung menyeruak ke dalam kantor dan merusak semua benda yang ada.

Kerusuhan pekerja PT USJ ini sempat memunculkan sejumlah isu. Sempat tersiar kabar, kekesalan pekerja ini menyangkut gaji dan THR yang belum sepenuhnya dibayar pihak perusahaan.

Sejumlah pekerja juga menyatakan, kekesalan itu bertambah karena terpancing sikap KD yang seolah-olah menganggap para pekerja seperti budak.

Karena itulah, teriakan-teriakan KD Penjajah, Lawan KD, Musnakan KD langsung memancing emosi seluruh pekerja. Mereka secara spontan meluapkan kekesalannya ke perusahaan.

"Saat ada pekerja dibentak-bentak itulah pekerja lainnya terpancing dan spontan ikut mengejar petugas KD," ungkap seorang pekerja.

Halaman
1234
Editor: Candra P. Pusponegoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved