• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Batam

Terdeteksi 25 Ribu Nama Ganda

Jumat, 30 Agustus 2013 18:44 WIB

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

BATAM, TRIBUN - Sistem operasi data pemilih (dalih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menemukan ribuan nama pemilih ganda.

Nama nama itu termasuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Hasil Perbaikan (HP) yang dikeluarkan KPU Kota Batam baru baru ini.

Dari 616.853 penduduk Batam yang tercatat sebagai DPS HP, sebanyak 25 ribu nama pemilih diketahui ganda.

Hal ini disebabkan 2 kemungkinan, yakni pemilih terdaftar di beberapa domisili berbeda, dan kemungkinan adanya kesalahan petugas dalam menginput data.

"Jumlah 616 ribu an penduduk Batam yang termasuk dalam DPS HP dimungkinkan bisa berkurang, karena adanya pemilih ganda ini, tapi bisa juga bertambah. Kami belum dapat memastikannya," ucap Achmad Yani, komisioner KPU Kota Batam pokja DPT, Rabu (28/8/2013) lalu.

Sejauh ini, KPU Kota Batam masih melakukan perbaikan data hingga diterbitkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT), 14 September mendatang.

Bagi penduduk yang terdaftar di beberapa domisili berbeda, diharapkan memilih 1 domisili, dan melaporkannya ke perangkat RT/RW setempat.

"Kami juga membuka posko penyempurnaan data di masing masing kecamatan sejak 26 Agustus hingga 30 Agustus ini," kata M Syahdan, Ketua KPU Kota Batam.

Dengan hadirnya posko itu, diharapkan bagi masyarakat yang belum terakomodir sebagai pemilih, dapat datang ke posko tersebut.

Jika kantor kelurahan tutup sekitar pukul 17.00 WIB, posko penyempurnaan data ini akan tutup pukul 22.00 WIB. Posko ini akan dijalankan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Kami juga mengirim surat ke masing masing parpol untuk mengecek konstituen dan keluarga," katanya.

Dari 1.849 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 kecamatan, untuk melihat di TPS manakah pemilih terdaftar, dapat mengunjungi situs KPU di www.kpu.go.id. Pemilih cukup mengetikkan nama kecamatan dan kelurahan tempat ia berdomisili.

Editor: Candra P. Pusponegoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
90262 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas