Maaf! Kami Tak Ingin Kembali Ke Malaysia

Dinsospam memulangkan 26 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah.

Maaf! Kami Tak Ingin Kembali Ke Malaysia
Tribunnewsbatam.com/Argianto DA Nugroho
Sejumlah Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia saat berada di rumah singgah milik Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsospam) Kota Batam, Jumat (11/10/2013) malam. Sebanyak 37 TKW bermasalah dideportasi oleh Pemerintah Kerajaan Malaysia melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Johor menuju Kota Batam. 

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

BATAM, TRIBUN - Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsospam) Kota Batam memulangkan 26 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah dan 2 balita ke daerah asalnya, Rabu (16/10/2013).

Diberitakan sebelumnya, pekerja migran yang dideportasi dari Malaysia ini berjumlah 37 orang. Terdiri dari 35 dewasa dan 2 balita.

Namun setibanya di Batam, 5 di antara TKI itu yang juga penduduk Batam, segera pulang ke rumahnya. Sementara 4 lainnya memilih pulang dengan dana pribadi ke daerah masing-masing.

"Total hari ini yang dipulangkan ada 28 orang. Dari 37 itu 5 di antaranya orang Batam, 4 lagi pulang naik pesawat, dananya dibantu keluarga mereka," ucap Nor Arifin, Kepala Bidang Jaminan Bantuan Sosial Dinsospam Kota Batam kepada Tribun, Rabu (16/10/2013).

Dari 26 TKI yang dipulangkan itu, 1 di antaranya adalah Rochani. Tenaga Kerja Wanita (TKW) ini sempat mengalami kesurupan di Shelter Dinsospam.

Diduga ia sering mengalami hal serupa di negeri Jiran lantaran pernah mendapatkan siksaan, bahkan hampir menjadi korban asusila.

"Dia pulang juga hari ini. Sudah baik mentalnya, nggak kumat lagi," ujarnya.

Keseluruhan TKI itu, dipulangkan melalui Kapal Motor Kelud tujuan Tanjung Priok, Jakarta.

Tak sendirian, dalam hal ini, Dinsospam Kota Batam juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat memulangkan pekerja migran yang mayoritas perempuan ini ke daerah asalnya.

Halaman
12
Editor: Candra P. Pusponegoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved