• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribun Batam

Ratusan Buruh Kawal Penetapan UMK Batam

Rabu, 6 November 2013 11:25 WIB
Ratusan Buruh Kawal Penetapan UMK Batam
Tribunnewsbatam.com/Argianto DA Nugroho
Ribuan buruh menggelar aksi damai di depan Gedung Pemko Batam, Rabu (6/11/2013). 

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Hari pertama pembahasan Upah Minimum Kota (UMK) Batam, Rabu (6/11/2013) pagi, ratusan buruh Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) melakukan aksi damai.

Aksi di depan gedung Pemko Batam, di Batam Center, sekitar pukul 10.00 WIB. Massa sudah mulai memadati jalan sepanjang kantor Pemko hingga lampu merah Masjid Agung Batam.

Mengenakan seragam biru muda, setidaknya ada tujuh tuntutan yang diteriakkan oleh buruh yang kebanyakan orang galangan kapal tersebut dalam aksi damainya.

Di antaranya, menolak upah murah di Indonesia, UMK Batam yang layak, hapuskan outsourching. Lalu berikan jaminan sosial untuk pekerja dan berlakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) per 1 Januari 2014.

"UMK Batam jangan hanya untuk cukup makan saja, setuju kawan-kawan. Tetapkan UMK sekarang juga sebelum pukul 12.00 WIB," teriak orator yang disertai seruan persetujuan di lokasi, Rabu (6/11/2013).

Buruh SPSI juga meminta agar pemerintah memindahkan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Tanjungpinang ke Kota Batam. Atau sebaliknya PHI di Kota Batam harus diadakan.

Pasalnya, buruh menilai 90 persen kasus PHI yang ada di Tanjungpinang adalah kasus Kota Batam. Pekerja pun meminta Pemko menyediakan angkutan umum murah untuk pekerja, dan Pemko Batam wajib mengontrol harga sembako.

Editor: Candra P. Pusponegoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
96182 articles 3 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas