Nikmatnya Kuliah sambil Travelling di Belgia

Menempuh pendidikan di beberapa Universitas di Eropa kalau boleh saya gambarkan sangat menantang sekaligus menyenangkan.

Nikmatnya Kuliah sambil Travelling di Belgia
Dokumentasi Romi Novriadi
Santai sejenak bersama PPI Ghent di depan Het Concertgebouw - Amsterdam 

Ditulis oleh Romi Novriadi, Alumnus Program Pasca Sarjana Bidang Perikanan di University of Ghent, Belgia

TRIBUNNEWSBATAM.COMMenempuh pendidikan di beberapa Universitas di Eropa kalau boleh saya gambarkan sangat menantang sekaligus menyenangkan.

Menantang karena kita akan dihadapkan dengan penerapan teknologi terkini untuk masing-masing bidang ilmu yang kita geluti sekaligus menyenangkan karena untuk program kuliah Sarjana (S-1) dan Master (S-2), selain telah memiliki sistem libur yang sistematis yang akan mempermudah mahasiswa untuk merencanakan kegiatantravelling juga memiliki banyak kegiatan sosial yang dapat memperkaya pengetahuan kita tentang budaya Internasional.

Salah satu negara Eropa yang memiliki sistem pendidikan yang sangat baik dan saya rekomendasikan adalah Belgia. Beberapa Universitas yang ada di Belgia bahkan telah memiliki reputasi dunia yang cukup baik, diantaranya: University of Ghent, Katholieke Universiteit Leuven, University of Antwerp dan Vrije Universiteit Brussel.

Semua universitas di Belgia memiliki jaringan yang terintegrasi sehingga ketika kita akan melakukan riset lintas Universitas bukan lagi menjadi sebuah persoalan.

Untuk sistem pendidikan, antara Belgia dan Indonesia tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh, hanya saja di eropa kita akan mendapatkan kesempatan untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran dengan pakar berkaliber dunia.

Kalau begitu, bagaimana dengan biaya pendidikan di Belgia? Pengalaman saya menuntut ilmu di University of Ghent, biaya kuliah untuk program Master (S-2) cukup murah bagi pelajar dari Indonesia (karna digolongkan sebagai Development Country), karna hanya dengan membayar 80 Euro per tahun atau sebesar Rp. 1.280.000,- dengan kurs 1 euro = Rp. 16.000,- seluruh biaya praktikum dan penelitian sudah ter cover.

Biaya kuliah tersebut umumnya juga sudah termasuk akses ke Bank Data untuk mengunduh seluruh materi kuliah. Sehingga kita sebagai mahasiswa dapat menyimpan materi kuliah dalam bentuk soft copy yang tentunya akan lebih aman untuk jangka panjang. Kalau biaya kuliah sudah OK, tentu yang menjadi ganjalan adalah bagaimana dengan biaya hidup yang harus dikeluarkan selama kuliah di Belgia.

Umumnya, mahasiswa/i yang kuliah di Belgia datang melalui program Beasiswa yang saat ini banyak disediakan oleh program Erasmus Mundus, VLIR UOS, World Bank atau bahkan beasiswa LPDP Kementerian Keuangan. Namun, hal ini bukan berarti menjadi penghalang bagi mahasiswa yang tidak memiliki beasiswa untuk kuliah. Beberapa teman mensiasatinya dengan bekerja sambil kuliah.

Tentu persoalan tentang dunia kerja ini diatur dengan sangat rapi oleh negara-negara di Eropa, sehingga pekerjaan yang dilakukan tidak mengganggu fokus pelajar untuk mendapatkan nilai baik selama mengikuti proses perkuliahan. Bagaimana dengan gaji sebagai pelajar di eropa?

Saya mengatakan cukup menggiurkan, karena gaji standar untuk pelajar umumnya ditetapkan dengan kisaran 10-12 euro/jam. Dan ini sangat cukup dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Oke, itu mungkin sekilas tentang kuliah. Tentunya kehidupan sebagai mahasiswa tidak hanya berkutat dengan buku dan riset. Kelebihan yang dimiliki oleh negara yang juga berperan sebagai Ibu kota negara-negara Uni Erop ini adalah secara geografis, Belgia dekat dan bahkan bertetangga dengan negara-negara yang umumnya menjadi tujuan wisata dunia, seperti: Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Belanda dan Italia.

Kondisi ini juga didukung oleh sarana moda transportasi yang terintegrasi dan menghubungkan seluruh negara-negara tujuan wisata tersebut. Akses informasi transportasi dapat diikuti secara Real Time sehingga kita sebagai mahasiswa dapat menentukan waktu keberangkatan dan budget travelling yang harus dipersiapkan.

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved