TribunBatam/

Cerita Duka Para TKI

Tergiur Gaji Rp12 juta di Singapura, sampai Batam 12 TKI Brebes Gigit Jari

Nasib malang menimpa 12 pencari kerja asal Brebes, Jawa Tengah di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Tergiur Gaji Rp12 juta di Singapura, sampai Batam 12 TKI Brebes Gigit Jari
Tribun Batam/ Istimewa
Ilustrasi Penipuan

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Nasib malang menimpa 12 pencari kerja asal Brebes, Jawa Tengah di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Jauh-jauh dari kotanya, mereka harus menerima kenyataan, ditipu orang yang belum lama mereka kenal.

Kejadian ini berawal saat seorang korban, Rahmad (35), bertemu dengan kenalannya, Herman (35) di Sarinah Plaza, Jakarta, Maret lalu. Dari pertemuan singkat ini, Herman memperkenalkan Rahmad kepada pelaku, Ismail (45).

Di hari yang sama, lelaki itu menawarkan Rahmad pekerjaan di luar negeri, Singapura sebagai pekerja taman. Ia diiming-imingi gaji Rp12 juta per bulan. Namun dengan syarat harus menyiapkan dana Rp20 juta per kepala untuk asuransi, keberangkatan, dan lain sebagainya.

"Ismail menawarkan pekerjaan di Singapura sebagai pekerja taman. Janjinya dapat gaji Rp12 juta per bulan, tapi harus siapkan dana Rp20 juta per kepala," ucap Rahmad saat membuat laporan di Mapolsek Lubuk Baja, Sabtu (21/6).

Semula Rahmad menolak tawaran pekerjaan dengan iming-iming penghasilan yang fantastis ini. Lantaran sering dihubungi pelaku via handphone, akhirnya Rahmad termakan rayuan Ismail. Iapun mengajak 11 rekannya mencari peruntungan kerja di Singapura. Setelah gagal bekerja di Australia.

Hingga Rabu (18/6) kemarin, ke 12 orang ini berangkat dari Brebes, Jawa Tengah, menuju Batam. Setiba di Batam, dengan menggunakan handphone, pelaku mengarahkan korban ke Hotel 99 di Pelita. Mereka bertemu Kamis (19/6) disana.

Sampai saat ini kasus masih ditangani polisi.

Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help