Nuanasa Ramadan 1435 Hijriah

Kendaraan Roda Dua Tak Boleh Ikut Pawai Takbir

Kendaraan roda dua dilarang mengikuti pawai ta'aruf pada malam sebelum salat Idul Fitri.

Kendaraan Roda Dua Tak Boleh Ikut Pawai Takbir
Tribun Batam/Argianto D. A. Nugroho
Miniatur mobil hias yang didesain oleh Tim Kecamatan Batam Kota. Dalam pawai takbir takbir keliling yang diadakan Pemko Batam pada Rabu (7/8/2013) malam, Tim Kecamatan Batam Kota meraih juara I. Disusul Kecamatan Sei Beduk juara II, Kecamatan Sekupang juara III, dan Kecamatan Bengkong juara IV. Para pemenang ini berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp 25 juta. 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Anne Maria Silitonga

BATAM, TRIBUN - Kendaraan roda dua dilarang mengikuti pawai ta'aruf pada malam sebelum salat Idul Fitri. Ini seperti yang terungkap dalam rapat SKPD persiapan menyambut Idul Fitri 1435 H, Selasa (22/7/2014) lalu di lantai V Pemko Batam.

Pada malam pawai ta'aruf hanya boleh diikuti mobil peserta pawai sekaligus kendaraan roda empat tertutup.

"Seperti tahun sebelumnya, malam sebelum salat Ied akan ada pawai ta'aruf. Cuma tahun ini agak berbeda, untuk lebih tertib dan aman bagi masyarakat yang bergembira, tidak dibenarkan roda dua ikut melaksanakan pawai ta'aruf," ujar Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Ardi Winata.

Ardi juga menegaskan, tidak hanya kendaraan roda dua, untuk kendaraan roda empat terbuka juga tak boleh ikut serta.

"Kayak pick up begitu nggak boleh juga. Kecuali kalau pick up-nya ada bentuk rumah-rumahannya, jadi lebih aman. Surat edarannya sudah ada kok," katanya.

Sehingga, saat pelaksanaan pawai, kepolisian, dinas perhubungan, dan satuan polisi pamong praja akan memperketat keamanan.

"Jadi polisi, satpol, dishub akan mengamankan langsung. Kami nggak mau sampai Idul Fitri ini tercederai dengan kecelakaan dan hal-hal lainnya," jelas Ardi.

Diikuti oleh utusan kecamatan, adapun rute pawai ta'aruf tersebut mulai dari Masjid Agung Batam menuju Simpang Franky hingga Simpang Kabil menuju Base Camp Sagulung.

"Jadi treknya lurus saja, berakhirnya di Sagulung. Yang dinilai nanti itu keindahannya, keharmonisan, dan kreatifitas," urainya.

Adapun bagi pemenang, akan disiapkan hadiah berupa uang pembinaan. Selain membahas persiapan malam pawai ta'aruf, dalam rapat tersebut turut dibahas persiapan salat Ied.

"Nanti wali kota dan wakilnya salat Ied di Dataran Engku Putri. Dengan khatib ustaz Hamzah Johan, anggota Persatuan Mubaligh Batam, dan imamnya dari Iman Masjid Agung Batam Centre, Muslim Ahmad. Yang akan dilanjutkan dengan open house wali kota di Asrama Haji dan Wakil Wali Kota di kediamannya di Rosedale," ucapnya.

Masih menunggu penetapan 1 Syawal 1435 Hijriah dari pemerintah pusat, kata Ardi ada 447 titik salat Ied di Kota Batam.

Editor: Candra P. Pusponegoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved