Nuanasa Ramadan 1435 Hijriah

TKI dari Malaysia Mulai Penuhi Pelabuhan Batam Centre

Jelang Lebaran, ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia mulai berpulangan ke kampung halamannya melalui Pelabuhan Ferry Internasional.

TKI dari Malaysia Mulai Penuhi Pelabuhan Batam Centre
Tribun Batam/Hadi Maulana
Aktivitas Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre terlihat padat pada akhir pekan. 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Dewi Haryati

BATAM, TRIBUN - Jelang Lebaran, ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia mulai berpulangan ke kampung halamannya melalui Pelabuhan Ferry Internasional, Batam Centre, Kamis (24/7/2014).

Sejak pagi hingga sore, aktivitas keramaian di pelabuhan ini tetap berlangsung. Menurut informasi, kepadatan arus mudik TKI sudah mulai meningkat sejak seminggu terakhir. Kebanyakan di antara mereka merupakan TKI asal Jawa dan Nusa Tenggara.

"Lonjakan penumpang saat ini sudah mencapai 80 persen dari hari normal. Kebanyakan di antara mereka TKI yang bekerja di Malaysia," ujar Kepala Seksi Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Centre, Irwanto Suhaili kepada Tribun.‬‪

Dia melanjutkan, sekitar pukul 11.00 WIB, sudah empat kapal dari Malaysia yang datang dan mengangkut penumpang dalam kapasitas penuh. Rata-rata mengangkut 100-an penumpang.

"Pagi ini saja sudah empat kapal yang mengangkut penuh pemudik dari Malaysia," ujarnya.

Pada hari normal, kedatangan penumpang di Pelabuhan Batam Centre berkisar empat ribu orang. Namun jelang Lebaran meningkat lima ribu hingga delapan ribu orang.‬‪

"Sebagian penumpang didominasi para TKI yang mudik Lebaran," kata Irwanto.‬‪

Di tempat terpisah, pengelola pelabuhan yang diwakili Manajer Operasional PT. Sinergy Tharada, Nika Astaga, memperkirakan puncak arus mudik TKI dari Malaysia akan terjadi pada H-3 hingga H-2 Lebaran.

"Kalau sekarang memang sudah ramai, tapi puncaknya pada H-3 atau H-2 sebelum Lebaran. Sebagian mereka merupakan TKI asal Jawa dan NTB," ujar Nika.‬‪

Seorang TKI asal Jember, Siti mengatakan, sudah tiga tahun belakangan ini ia mudik ke kampung halamannya melalui Pelabuhan Batam Centre.

"Selain bisa mengirit ongkos pulang, saya biasa dijemput sama keluarga di sini. Kemudian sama-sama pulang ke Jember," kata Siti.

Editor: Candra P. Pusponegoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved