Renungan Hari AIDS Seluruh Dunia: Mereka Berjuang Menjemput Cinta

Ruang Engku Hamidah lantai 4 gedung Pemko Batam tiba-tiba sunyi setelah satu jam dua orang narasumber seminar menjelaskan informasi seputar HIV/AIDS.

Renungan Hari AIDS Seluruh Dunia: Mereka Berjuang Menjemput Cinta
Tribun Batam/Istimewa
Pieter P. Pureklolong, Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS/KPA Kota Batam. 

Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2014 - Mereka Berjuang Menjemput Cinta

Oleh: Pieter P. Pureklolong*

Ruang Engku Hamidah lantai 4 gedung Pemko Batam tiba-tiba sunyi setelah hampir satu jam dua orang narasumber seminar menjelaskan informasi seputar HIV/AIDS kepada para peserta rata-rat ibu-ibu pegiat PKK Kota Batam.

Itu terjadi saat narasumber mengundang dua orang untuk tampil ke depan. Sunyi bercampur tegang karena dua orang ibu yang tampil itu adalah Orang Dengan Hidup denga HIV/AIDS (ODHA).

Dua Ibu yang ODHA itu berjalan ke depan hadirin. Yang satu kelihatan agak canggung. Tiada senyum, juga tak tampak kesedihan di wajahnya. Datar saja dia melangkah sambil menggendong putrinya berumur  satu setengah tahun.

Sang putri itu cantik seperti ibunya. Sedangkan ibu yang satu lagi berjalan sangat yakin disertai senyum mengembang, sambil putranya yang memang ganteng terlihat sibuk bermain-main sendiri di belakang para hadirin.

Dua ibu ODHA ini tidak memakai penutup wajah atau topeng. Tampil apa adanya, tidak menutup-nutupi bahwa mereka memang ODHA.

“Saya seorang ibu rumah tangga biasa. Saya bukanlah pekerja seks, juga tidak pernah macam-macam,” kata ODHA yang pertama dengan nada datar sambil memperbaiki rambut putrinya.

Kemudian dia melanjutkan, “Anak saya ada dua, suami saya telah meninggal karena AIDS. Saya tahu terkena HIV saat mau melahirkan anak yang kedua ini.”

Dia menunjuk putrinya di gendongan kemudian terdiam ketika ada suara spontan dari hadirin bertanya, “Anaknya bagaimana?” Dia menjawab masih dengan suara datar “putri saya ini positif”.

Halaman
1234
Editor: Candra P. Pusponegoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved